Hattu: Kei Besar Layak Dimekarkan – Ambon Ekspres
Politik

Hattu: Kei Besar Layak Dimekarkan

AMBON,AE— Anggota Komisi A DPRD Maluku, Herman Hattu mengaku, Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, layak menjadi Daerah Otonom Baru atau DOB. Ini karena kesiapan sumber daya alam dan sumber daya manusia daerah itu sangat memadai.

DA dan SDM sangat mendukung daerah itu dimekarkan. Jadi kita sangat apresiasi keinginan masyarakat Kei Besar. Jadi memang Kei Besar layak dimekarkan,”kata Hattu usai Komisi A bertemu tim pemekaran Kei Besar, kemarin.

Dia mengaku, pihaknya beberapa waktu lalu mengikuti deklarasi pemekaran Kei Besar. Kata dia, ada dukungan dari Pemkab dan DPRD Malra menyambut pemekaran Kei Besar. Bahkan, kata politisi NasDem itu, DPRD Malra telah membentuk Pansus pemekaran Kei Besar.”Tentu komisi A melihat ini suatu langkah positif. Apalagi, secara rentang kendali Kei Besar sangat luas dan layak,”terangnya.

Dia mengaku, tak hanya Kei Besar didorong untuk menjadi DOB, pihaknya mendukung dan mendorong daerah lain menjadi DOB. ”Kira-kira ada 8 sampai 9 daerah yang ingin dimekarkan. Kita dukung pemekaran agar Maluku keluar dari ketertinggalan termasuk menekan angka kemiskinan nomor 4 secara nasional,” jelasnya.

Karenanya, harap dia, bupati daerah lain yang belum mengeluarkan rekomendasi pemekaran  agar segera mereleasasikan. ”Ini agar daerah yang dimekarkan ada akses ekonomi dan pemerintahan. Bupati yang tidak mengeluarkan rekomendasi hendaknya tidak dipilih lagi,”ingatnya.

Anggota Komisi A, Amir Rumra menambahkan, pihaknya sangat mendukung penuh Kei besar dimekarkan, pihaknya sangat mendukung pemekaran agar masyarakat keluar dari kemiskinan dan keterbelakangan.” Kei Besar adalah kecamatan tertua. Namun proses pembangunan dan masyarakatnya snagat tertinggal. Tentu kita mendorong agar masyarakat didaerah itu sejahtera,” katanya.

Wakil rakyat asal Malra, Kota Tual dan Aru ini mengaku, dengan adanya pemekaran, selain memperpendek rentang kendali pelayanan publik, implikasi pemekaran masyarakat merasakan. ”Hasil evaluasi Universitas Indonesia 80 persen daerah pemekaran maju dan masyarakatnya sejahtera. Nah, kita dorong agar pemekaran Kei Besar agar proses pembangunan dan kesejahteraan masyarakat terpenuhi,” pungkasnya. (JOS)

Most Popular

To Top