ISIS Mulai Ancam Afghanistan – Ambon Ekspres
Internasional

ISIS Mulai Ancam Afghanistan

AFGHANISTAN, AE.—Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan, kelompok militan ISIS mulai mengancam Afghanistan. Mereka mulai melirik negara ini sebagai pijakan strategis dalam perang yang lebih luas untuk mendirikan sebuah kekhalifahan di Timur Tengah.

“Kami memiliki bukti yang cukup bahwa mereka (ISIS) menargetkan kami sebagai wilayah strategis untuk mengembangkan keyakinan mereka. Untungnya, kami telah mencegah mereka untuk bertindak,” ujar Presiden Ghani kepada NBC, Senin (23/3/2015).

Presiden Ghani menambahkan, ISIS melihat Afghanistan sebagai wilayah yang strategis, karena dalam mitologi kelompok ekstremis itu, pertempuran final melawan pasukan ISIS akan dilancarkan di Suriah oleh pasukan dari Afghanistan.

Ancaman serangan ISIS di Afghanistan mulai datang ketika sekira 7.000 tentara AS masih menetap di Afghanistan sebagai bagian dari pelatihan prajurit yang dipimpin oleh NATO.

“Kami perlu memeriksa situasi bersama-sama, mencapai pemahaman bersama, untuk memutuskan apakah akan tetap mendorong pasukan AS untuk terus berjaga di Afghanistan,” ujar Presiden Ghani.
“Lebih dari 2.000 prajurit AS telah kehilangan nyawa mereka dalam melindungi Afghanistan, jadi warga Afghanistan ingin mengucapkan terima kasih,” lanjutnya. (OZ)

Most Popular

To Top