Kakanwil Kemenag Sambut Positif GMGM – Ambon Ekspres
Pendidikan

Kakanwil Kemenag Sambut Positif GMGM

Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad, menyambut positif program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang digelontorkan Surat Kabar Amvon Ekspres dan Pemerintah Provinsi Maluku.
Apresiasi ini diungkap Musaad saat menerima kunjungan Direktur Utama Ambon Ekspres, Machfud Waliulu, diruang kerjanya, Selasa (24/3).

Menurutnya, program tersebut membuka mata masyarakat Maluku bahwa membaca sangat penting untuk meningkatkan daya saing Sumberdaya Manusia (SDM). Apalagi, katanya, secara nasional kondisi pendidikan Maluku tengah terpuruk di tingkat nasional, baik yang berada di bawah binaan Dinas Pendidikan Maluku maupun Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku.

“Untuk bisa meningkatkan daya saing SDM Maluku, khususnya pendidikan, maka GMGM sangat positif karena memotivasi siswa, guru, maupun masyarakat umum, untuk gemar membaca,” ujarnya.
Lanjutnya, salah satu penyebab kemiskinan di tengah masyarakat adalah kebodohan. Kebodohan merupakan salah satu penyebab kemiskinan.

Bodoh bukan berarti tidak bisa membaca dan menulis, melainkan kurangnya wawasan akibat jarang membaca. Karena untuk memperluas wawasan, ilmu dan pengetahuan, seseorang harus gemar membaca. “Kalau semua orang gemar membaca, akan tercipta masyarakat yang berwawasan dan cerdas untuk melaksanakan pembangunan berkualitas,’’ ingatnya.

Khusus bagi umat Muslim, katanya, surat pertama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW adalah Al-‘Alaq yang isinya adalah perintah untuk membaca.
Sehingga, katanya, GMGM mengingatkan semua masyarakat Maluku agar selalu membaca apa saja agar dapat perkembang dan maju. “Ayat Al-Quran yang pertama kali turun di bumi adalah surat Al-‘Alaq (Iqra atau baca). Jadi kalau ingin maju, kita harus memperbanyak membaca,” terang Musaad.

Sementara itu, Direktur Utama Ambon Ekspres, Machfud Waliulu mengatakan, kunjungan tersebut merupakan bentuk silaturahmi antara Ambon Ekspres dengan Kanwil Kemenag Maluku, sekaligus mengajak Kanwil Kemenag Maluku dan jajarannya untuk berpartisipasi pada program GMGM.

“Ini hanya sekedar silaturahmi biasa saja, sekaligus mengajak Kanwil Kemenag Maluku untuk berpartisipasi membuminkan GMGM di Maluku, khususnya dunia pendidikan,” kata Waliulu.
Meurut dia, Kawil Kemenag Maluku memiliki ruang lingkup pendidikan yang luas karena membawahi madrasah dan pondok pesantren. Di Maluku terdapat banyak Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang negeri maupun swasta.

Selain itu, lanjutnya, di Maluku juga tumbuh subur berbagai pondok pesantren di sejumlah kabupaten/kota. Sehingga Ambon Ekspres menganggap Kanwil Kemenag Maluku akan dapat memberikan kontribusi besar bagi upaya membuminkan GMGM di Maluku, serta pembangunan dunia pendidikan.

“Kami juga mengajak semua guru dan siswa yang berada di bawah naungan Kemenag untuk berpartisipasi pada lomba tulis artikel pendidikan maupun cerita rakyat yang diadakan. Sehingga mereka juga memiliki sumbangsi pikir dalam pembangunan pendidikan di Maluku,” pungkasnya.(ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!