Perangi Kebodohan Lewat Membaca di Bumi Bupolo – Ambon Ekspres
Pendidikan

Perangi Kebodohan Lewat Membaca di Bumi Bupolo

KABUPATEN Buru merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Maluku yang dinilai memiliki banyak Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang perlu dan harus dikembangkan secara berkesinambungan. Untuk itu, salah satu upaya untuk terus memupuk kedua hasil tersebut dengan cara melakukan sosialisasi gemar membaca.

Karena itu, Bupati Buru melalui staf ahli bidang pendidikan, M Nikiulu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Buru akan menggelar kegiatan Workshop Pengembangan Perpustakaan dan Promosi Pembudayaan Kegemaran Membaca dalam rangka menciptakan masyarakat Bupolo gemar membaca.

‘’Selain bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat Bupolo, kegiatan ini juga untuk memerangi angka kebodohan dan memerangi angka kemiskinan. Pasalnya, jika seseorang tidak suka dan malas membaca ataupun tidak bisa membaca, maka orang tersebut akan berakhir dengan kemiskinan,’’ jelasnya.

Untuk itu, guna memerangi angka kebodohan dan kemiskinan, pemkab akan gelar kegiatan tersebut yang direncanakan dalam waktu dengan dengan peserta umum dan khususnya anak usia sekolah yang notabene adalah generasi penerus Bupolo.

Nikiulu juga mengatakan, kegiatan gemar membaca juga akan terus diaosialisasikan di sekolah-sekolah dengan tujuan para siswa bisa memiliki kemauan dan semangat membaca baik di sekolah, rumah, atau dimanapun mereka berada. ‘’Hal itu juga agar para siswa bisa memiliki pengetahuan yang luas dengan membaca buku,’’ imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, buku merupakan jendela dunia. Dengan membaca buku, memahami dan memaknai buku, maka seseorang dikatakan bisa menguasai dunia walaupun tidak berkeliling dunia dengan menghabiskan uang. Pengetahuan dapat diperoleh dari buku asalkan semua orang memiliki minat tinggi untuk membaca.

“Kami inginkan masyarakat Bupolo secara keseluruhan menjadi masyarakat yang pintar dan rajin membaca agar terhindar dari kebodohan dan kemiskinan. Untuk itu, kami akan melakukan berbagai upaya positif untuk mensosialisasikan hal tersebut yang salah satunya adalah menggelar kegiatan Workshop Pengembangan Perpustakaan dan Promosi Pembudayaan Kegemaran Membaca dalam rangka menciptakan masyarakat Bupolo gemar membaca,” jelasnya.(CR8)

Most Popular

To Top