Sahuburua Cs tak Gentar – Ambon Ekspres
Trending

Sahuburua Cs tak Gentar

Sahuburua-Fatani di Somasi

AMBON, AE— DPD Partai Golkar Maluku loyalis Aburizal Bakrie tak gentar hadapi ancaman kubu Paulus Mantulameten Cs. Mereka kini bahkan telah mempersiapkan kedatangan DPP untuk konsolidasi internal. Kubu Paulus pun mengancam somasi Zeth Sahuburua.

Lalu apa tanggapan Sahuburua atas somasi itu? “Saya rasa biasa-biasa saja. Kalau ada yang begitu, kita hadapi. Ya diproses secara hukum kita hadapi. Negara kita negara hukum kan,” ujar Sahuburua usai memimpin rapat persiapan konsolidasi partai Golkar di Maluku yang direncanakan 27 Maret mendatang.

Rapat kubu ARB kali ini tidak dihadiri ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK), Husen Toisuta. Sementara pengurus yang hadir, yakni Fatani Sohilauw, Arnolis Laipeny, Ampi Mailioy, Richard Rahakbauw, Aty Hentihu, Piet Manuputty dan Yusril Abdul Kadir Mahedar dan lain-lain.

Disinggung soal hasil rapat, wakil gubernur Maluku ini mengatakan, hanya sebatas persiapan. Soal kisruh dan dualisme Golkar di provinsi Maluku, ia mengaku akan dijelaskan secara detail oleh pengurus DPP.

“Hari ini kita belum bisa berikan keterangan resmi. Rapat ini hanya mempersiapkan kunjungan DPP Golkar hari Jumat. Penjelasan itu akan diberikan secara resmi oleh DPP. Karena  yang kita anut adalah sistem berjenjang,” ungkapnya.

Ketua Departemen Hukum dan HAM DPP Partai Golkar versi Musyawarah Nasional (Munas) Bali, Arsi Devinubun, mengatakan, konsolidasi dilakukan untuk menertibkan DPD II dan anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota.

“DPP Golkar versi ARB akan datang ke Maluku untuk lakukan konsolidasi. Ini merupakan penertiban partai di level kabupaten/kota,” ujar Devinubun saat dihubungi Ambon Ekspres via seluler, Selasa (24/3).

Pengurus DPP Golkar versi Munas Bali yang dipastikan datang ke Maluku yakni ketua bidang hukum dan HAM Edison Betaubun, wakil bendahara Azis Samual, ketua bidang organisasi dan daerah Fredy Latumahina.

Loyalis ARB ini akan menggelar rapat koordinasi dengan DPD I dan DPD II Golkar kabupaten/kota, Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Maluku, DPRD kabupaten/kota serta guebrnur, wakil gubernur, bupati dan walikota. Pertemuan akan berlangsung di sekretariat DPD Golkar Maluku, Karang Panjang.

Divinubun melanjutkan, hasil konsolidasi akan dibawa ke DPP dan selanjutnya diambil tindakan. Pengurus dan anggota DPRD yang telah mengambil sikap untuk bergabung dengan kubu Agung Laksono, terancam dikenai sanksi. “Termasuk teman-teman, seperti pak Darma Oratmangun yang merupakan salah satu wakil ketua DPP hasil Munas Ancol. Dan beberapa kader lain yang diketahui bergabung dengan kubu Agung Laksono,”paparnya.

Pelaksana Tugas (Plt) ketua DPD Golkar Maluku versi Munas Ancol atau kubu Agung Laksono, Paulus Mantulameten saat dikonfirmasi mengatakan, telah membuat surat somasi kepada Sahuburua. Sahuburua dinilai tak mematuhi surat yang disampaikan kubu Paulus agar mengosongkan sekretariat Golkar Maluku. “Olehnya itu, kita telah membuat surat somasi kepada pak Ethy (sapaan Sahuburua),”kuncinya

DPD Partai Golkar Maluku kubu Agung Laksono secara resmi melayangkan somasi atau surat teguran terhadap Zeth Sauburua dan Fatani Sohilauw, Selasa (24/3). Mereka dinilai tidak mengindahkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM yang telah mensahkan kepengurusan Agung.

Terdapat empat poin di dalam surat somasi nomor 081/DPD/Golkar Mal/IV/2015 tanggal 24 Maret yang ditandan tangani pelaksana tugas Ketua DPD Golkar Maluku kubu Agung, Paulus Mantulameten dan Sekretaris Umar Ali Lessy. Pertama, DPD Golkar Maluku kubu Aburizal tidak diperkenankan melakukan kegiatan berupa pertemuan dan rapat mengatasnamakan partai Golkar dan menggunakan atribut resmi partai Golkar.

Berikutnya, sejak diterbitkannya SK Menkumham M.HH.01.AH.11.01, Sahuburua dan kelompoknya tidak diperkenankan menggunakan sekretariat dan simbol-simbol Golkar yang merupakan asset Golkar.

Memperingkatkan Sahuburua dan Fatani Cs, segera mengosongkan Sekretariat DPD Partai Golkar Maluku yang terletak di Jalan Ade Irma Nasution Karang Panjang terhitung sejak surat somasi dikeluarkan.

Selanjutnya, mereka juga memberikan ancaman jika surat somasi tidak direspon, langkah hukum segera diambil dan melaporkan Sahuburua dan Fatani Cs ke pihak berwajib. Kemarin, baik Sahuburua maupun Fatani telah menerima secara resmi surat somasi yang layangkan DPD Golkar Maluku versi Munas Ancol di sekretariat Golkar Maluku. (TAB)

Most Popular

To Top