Gubernur Merestui Kei Besar – Ambon Ekspres
Trending

Gubernur Merestui Kei Besar

Kabupaten Baru

Keinginan masyarakat untuk mendorong pemekaran kecamatan menjadi kabupaten masih tetap besar. Tak hanya di Maluku Tengah, atau Maluku Tenggara Barat, di Maluku Tenggara gejolak yang sama juga terjadi. Masyarakat Kei Besar ingin pisah dari Malra.

Berbeda dengan Malteng dan MTB, di Maluku Tenggara justeru pemerintahnya memberikan dukungan penuh. Bupati Andre Rentanubun sampai ikut melakukan pertemuan dengan Gubernur Said Assagaff bahkan pimpinan DPRD Maluku. Andre ditemani, Ketua DPRD Malra, TH Welerubun, Wakil Ketua DPRD, Hamzah Rahayaan, dan sejumlah anggota pansus.

Pertemuan dengan gubernur digelar, Senin (23/3) di kantor gubernur, Ambon. Welerubun menyerahkan dokumen pemekaran Kei Besar kepada gubernur. Gubernur merespon baik aspirasinya masyarakat, sebagai bentuk komitmennya memutus rentan kendali pemerintahan. Dia juga akan mendorong proses pemekaran secepatnya.

Pertemuan juga dilakukan dengan pimpinan DPRD Maluku, Komisi A, dan anggota DPRD Maluku daerah pemilihan Maluku Tenggara. Pertemuan masih dengan agenda yang sama, menyerahkan dokumen pemekaran Kei Besar, di gedung DPRD Maluku.

Hamzah Rahayaan mengatakan, pemekaran menjadi solusi mengatasi rentang kendali pemerintahan. Dari sisi syarat, kata dia, sudah terpenuhi, karena itu DPRD Malra dan pemerintah setempat mendukung penuh pemekarannya. “Syaratnya sudah dilengkapi,” kata dia.

Dia juga memberikan apresiasi positif atas dukungan pemerintah dan DPRD Malra, termasuk gubernur, dan DPRD Maluku. “Masyarakat menyampaikan aspirasi, pemerintah mendukung, DPRD mendukung, semuanya berjalan dengan baik. Saya kira ini, solusi,” kata dia.

Sekretaris GP Anshor Maluku, Daim Baco Rahawarin, mendukung penuh langkah pemerintah kabupaten dan DPRD Malra untuk mendorong pemekaran Key Besar. Kata dia, ini kebutuhan masyarakat, dan pemerintah sangat responsif. “Tidak ada gejolak. Langkah ini didukung penuh masyarakat, dan pemerintah termasuk wakil rakyat kita,” kata anak daerah Key Besar ini. (ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!