Kebiasaan Jalan Cepat Bisa Picu Ngeflek pada Ibu Hamil? Ini Faktanya – Ambon Ekspres
Kesehatan

Kebiasaan Jalan Cepat Bisa Picu Ngeflek pada Ibu Hamil? Ini Faktanya

Di awal-awal kehamilan, tak jarang wanita yang terkadang mengalami timbulnya flek atau bercak darah. Kondisi ini pun kerap dihubungkan dengan keadaan si ibu yang dinilai terlalu capek.
Dikatakan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, sekitar 20 hingga 40 persen ibu hamil mengeluh adanya flek pada tiga bulan pertama kehamilannya. Lantas, apakah penyebabnya?

“Penyebabnya bisa suatu ancaman keguguran, kehamilan di luar kandungan, proses implantasi kehamilan hingga penyakit pada saluran genital wanita seperti polip, infeksi hingga hamil anggur,” kata dr Hari saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (25/3/2015).

Terkait dengan kebiasaan jalan terlalu cepat, dr Hari mengatakan hal itu tidak memicu kondisi ngeflek pada ibu hamil. Namun, pada keadaan sudah terjadi flek-flek, kelelahan dapat memperburuk derajat perdarahan. Sehingga, aktivitas apapun biasanya akan dibatasi.

“Ketika ibu mengalami flek di awal kehamilan, segera ke tenaga medis terdekat. Hal pertama yang harus disingkirkan diagnosanya adalah kehamilan di luar kandungan,” kata pria berkacamata ini.

Kehamilan di luar kandungan, lanjut dr Hari, terjadi sekitar 2% dari seluruh kehamilan dan apabila pecah akan terjadi perdarahan di dalam perut. Akibatnya, akan terjadi kondisi gawat darurat pada ibu. Nahl, flek seperti apa yang harus diwaspadai dan menjadi gejala terjadinya keguguran atau kondisi janin yang gawat?

dr Hari mengungkapkan hal yang paling bahaya adalah kehamilan di luar kandungan. Gejalanya yaitu perut membesar, nyeri apabila ditekan, kesadaran ibu hamil menurun secara mendadak, serta muncul flek yang tidak terlalu hebat tetapi membuat kondisi ibu pucat.

“Lain halnya dengan keguguran, ditandai dengan perdarahan yang makin banyak, kadang disertai keluarnya sebagian atau seluruh hasil konsepsi,” tutur dr Hari.(rdn/up)

Most Popular

To Top