Pegawai Pemkab SBB Sering Bolos – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pegawai Pemkab SBB Sering Bolos

Aktifitas Perkantoran Sepi

PIRU, AE—Aktifitas perkantoran di Kabupaten Seram Bagian Bagian Barat (SBB) terlihat sepi. Para pegawai banyak yang bolos kerja. Banyak pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) keluar daerah sehingga pelayanan kepada masyarakat terganggu. “Harusnya ini menjadi perhatian serius pimpinan pemerintahan. Peran Sekda dalam kondisi seperti ini sangat dibutuhkan, karena pelayanan publik terkendala akibat banyaknya pegawai yang bolos kerja,” ungkap Germok SBB, Husen Latif Kapada Ambon Ekspres di Piru Selasa (24/3).

Bukan hanya staf saja, jelas dia, tetapi para pejabat eselon juga jarang masuk kantor. Ini merupakan preseden buruk bagi pelayanan pemerintah terhadap masyarakat. Menurut dia, dalam kondisi seperti ini dibutuhkan peran kepala pemerintahan untuk melakukan inspeksi mendadak guna melihat kinerja bawahannya.

‘’Jika memang benar PNS banyak bolos dan nongkrong pada jam kerja, agar diberikan tindakan tegas. Tujuannya adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. “Jika kondisinya terus seperti ini, maka rakyat tidak akan merasa ada pemerintah karena tidak memberikan manfaat bagi mereka. Ini sudah banyak dirasakan masyarakat. Banyak masyarakat yang kecewa atas pelayanan Pemkab SBB,’’ tutur dia.

Untuk itu, kata dia, Bupati Jacobus F Puttileihalat dan Wakil Bupati H. Muhammad Husni diharapkan mampu menjalankan pemerintahan khususnya melakukan pembinaan terhadap pegawai yang bolos bekerja. ‘’Tidak ada prestasi SKPD dilingkup Pemkab SBB seperti saat ini. Penyebab utama adalah minimnya pembinaan terhadap birokrasi sehingga para pegawai selalu memandang remeh tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi negara.

Begitu juga dengan bupati, wakil dan sekda agar tidak hanya duduk manis dan hanya bisa bekerja di kantornya saja. Silahkan turun sidak ke SKPD, biar tahu bagaimana sesungguhnya tingkat kedisiplinan pegawai di komplek perkantoran Pemkab SBB,’’ tegas Husen.

Menurut dia, sidak ini penting agar ada upaya perbaikan ke depan. ‘’Kita tidak ingin masyarakat di Bumi Saka Mese terus kecewa terhadap pelayanan pemerintahan. Faktanya, kita lihat belakangan ini, SKPD dan PNS lainnya di perkantoran kesannya hanya datang, tandatangan absen lalu pulang. Kita tidak ingin pemerintahan di SBB bobrok akibat ulah pegawai yang tidak melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya,” pungkas dia.(CR1)

Most Popular

To Top