Perhatikan Sajian Selama Anak Ujian – Ambon Ekspres
Kesehatan

Perhatikan Sajian Selama Anak Ujian

Anak-anak yang menghadapi ujian tentu membutuhkan konsentrasi tinggi. Agar stamina dan fokus tetap terjaga, sajian yang dikonsumsi anak membutuhkan perhatian khusus.

Febriani Lestari, 32, mengaku bangun lebih pagi untuk menyiapkan sarapan bagi buah hatinya, Jessica dan Amertya. ”Kalau pas enggak liburan, paling anak-anak makan nasi sama nugget atau telur mata sapi. Nah, pas ujian gini, saya lebih perhatikan makanan mereka,” kata perempuan asli Kediri tersebut. Ketika anak-anak ujian, Febriani memberikan tambahan buah dan sayur.

Karla melakukan hal serupa. Desainer itu memilih menyajikan makanan kesukaan buah hatinya. Travis, anaknya, lebih menyukai telur mata sapi. ”Kalau pas ujian, sebelum tidur, saya tanya, ’Besok mau sarapan apa?’,” ujar perempuan berambut panjang tersebut.

Ahli gizi Dr Merryana Adriani SKM MKes mengatakan, makanan yang dipersiapkan ketika ujian adalah sajian yang sesuai dengan kebutuhan anak. Porsinya tidak dilebihkan dan dikurangi. Ketika sarapan, orang tua sebaiknya menyiapkan makanan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein hewani, buah, dan sayur.

”Jangan lupakan mineral dan vitamin. Keduanya meningkatkan fungsi protein dan karbohidrat,” ujar perempuan kelahiran 17 Mei 1959 tersebut.

Merry mengatakan, kalau bisa, anak juga mengonsumsi jus. Contohnya, jus buah naga atau kombinasi nanas, wortel, dan apel. Agar tidak memberatkan orang tua, Merry menyarankan memilih buah-buahan yang bisa ditemukan di pasar.

”Memikirkan anak boleh, tapi ya pikirkan juga kandungannya. Kalau bisa dapat yang cepat dan bermanfaat, kenapa tidak? Tidak usah yang ribet,” ungkap perempuan yang berdinas di Poli Gizi RS Unair Kampus C tersebut.
Bagi anak-anak yang lebih besar, sepanjang ujian tidak disarankan begadang atau minum kopi. Sebab, daya tahan tubuh justru akan berkurang. (cik/c6/nda)

Most Popular

To Top