Ratusan Siswa SMK 6 Padati Sosialisasi GMGM – Ambon Ekspres
Pendidikan

Ratusan Siswa SMK 6 Padati Sosialisasi GMGM

Desak Batas Waktu Lomba Ditunda

Sekitar 300 lebih siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Ambon padati aula SMK tersebut untuk mengikuti sosialisasi Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang dilaksanakan Koran Ambon Ekspres, Rabu (25/3).
Bukan hanya siswa, guru-guru pun memberikan antusias terhadap sosialisasi tersebut. Di depan guru dan siswa SMK Negeri 6 Ambon, Direktur Ambon Ekspres Nasri Dumula beserta tim GMGM Ambon Ekspres yang didampingi Kepala SMK Negeri 6 Ambon, Jeber Tiwery, mengajak guru dan siswa SMK tersebut untuk berpartisipasi menyukseskan GMGM.

“Ada lomba yang kami gelar pada program GMGM ini, yaitu lomba menulis Cerita Rakyat Maluku dan artikel Pendidikan Maluku. Kami ingin ada guru dan siswa SMK Negeri 6 Ambon yang ambil bagian dalam lomba ini,” katanya.

Lomba menulis tersebut dilakukan untuk mendorong minat baca masyarakat, kata Dumula, karena tidak hanya digelar bagi siswa dan guru, tapi juga bagi semua masyarakat Maluku. “Lomba ini merupakan upaya kita meningkatkan minat baca masyarakat, sekaligus untuk meningkatkan kualitas pendidikan Maluku,” ujarnya.
Sosialisasi yang berlangsung sekitar 2 jam lebih tersebut berlangsung bersemangat, karena banyak siswa maupun guru yang tertarik untuk mengikuti lomba tersebut.

Sehingga banyak yang bertanya tentang teknis pembuatan tulisan, persyaratan, waktu lomba, hingga mengenai maksud dari penyelenggaraan lomba tersebut. Bahkan, para siswa mendesak agar batas lomba penulisan ditunda sehingga SMK N 6 dapat ramai-ramai mengikuti lomba tersebut. Sebab, kata siswa, penutupan lomba yang ditetapkan pada 30 Maret 2015 terasa sangat mendesak.

“Saya telah mengetahui lomba tulis ini dan telah menyiapkan sebuah tulisan. Hanya saja, tulisan yang dibuat maksimal harus enam lembar kuarto. Tapi tulisan yang saya buat mencapai 7 halaman. Jadi lebih satu halaman dari persyaratan. Apa bisa?” ungkap salah satu siswa SMK Negeri 6 Ambon, Jean Klara Paliyama. ‘’Kami minta batas waktu lomba ditunda lagi, jangan keburu ditutup 30 Maret 2015,’’ timpal siswa lainnya.

Antusias siswa SMK Negeri 6 Ambon terhadap sosialisasi GMGM bukan tanpa alasan. Dari pengakuan Kepala sekolah tersebut, Jeber Tiwery, siswanya memiliki antusias tinggi terhadap berbagai lomba menulis. Bahkan telah ada beberapa prestasi nasional yang telah diraih oleh guru dan siswa sekolah tersebut.

“Siswa disini memang punya antusias tinggi terhadap lomba menulis. Kami pernah mengkuti lomba menulis tingkat daerah, dimana sebagian besar pesertanya berasal dari sekolah ini karena mengirim sekitar 64 tulisan dan ada juga hingga 71 tulisan. Itu pun bisa lebih,tapi dibatasi oleh panitia, waktu itu. Dan dari keikutsertaan kami, ada beberapa prestasi yang kami raih ditingkat daerah dan nasional,” ungkap Tiwery.

Untuk itu, Tiwery bersyukur karena menjadi salah satu sekolah yuang dikunjungi tim GMGM Ambon Ekspres. Karena memberikan kesempatan bagi guru dan siswa disini untuk turut memberikan sumbang pikir pembangunan pendidikan di Maluku. “Kami bangga karena menjadi salah satu sekolah yang dijadikan sasaran sosialisasi GMGM oleh Ambon Ekspres. Karena mengajak siswa kami untuk ikut lomba tulis yang diselenggarakan, berarti memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan sumbang pikir pembangunan pendidikan di Maluku,” ungkapnya.

Selain itu, katanya, GMGM yang diluncurkan Ambon Ekspres membantu sekolah dalam pembinaan siswa, terutama bagaimana mengajak siswa memanfaatkan waktu luang untuk membaca dan menulis. Sosialisasi ditutup dengan penyematan PIN GMGM dari Koordinator GMGM Petrus Oratmangun kepada Kepsek SMK 6, dan penyematan dari Direktur Ameks Nasri Dumula dan Kepsek SMK kepada perwakilan siswa. ‘’Penyematan PIN ini sebagai komitmen SMK 6 untuk mensukseskan GMGM,’’ tegas Tiwery. (ADI)

Most Popular

To Top