Soumokil: Tuasikal Layak Diusung PDI-P – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Soumokil: Tuasikal Layak Diusung PDI-P

MASOHI, AE.—Mantan anggota DPRD Maluku Tengah periode 2009-2014 yang juga salah satu kaders senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Josias Soumokil menyatakan, Tuasikal Abua merupakan sosok yang layak memimpin Malteng periode 2017-2022.

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, malainkan lewat penjejakan dan intens membangun komunikasi politik dengan pimpinan anak cabang maupun ranting. Dari komunikasi tersebut seluruh PAC maupun ranting masih menginginkan Tuasikal Abua sebagai bupati untuk melanjutkan pembangunan.

Soumokil yang ditendang dari kepengurusan DPC Malteng 2015-2020 itu menandaskan, kendatipun tidak menjadi pengurus namun selaku kaders dirinya memiliki tanggung jawab membesarkan partai. “Sebagai kaders sudah merupakan kewajiban untuk besarkan partai, dan lewat penjejakan dan komunikasi dengan PAC maupun ranting Tuasikal Abua layak untuk pimpin Malteng periode lima tahun (2017-2022),” ujarnya di Masohi.

Nah, untuk itu Soumokil berharap aspirasi PAC maupun Ranting tersebut dapat ditindaklanjuti pimpinan partai semua tingkatan DCP hingga DPD. “Secara pribadi aspirasi ini sedianya di tindaklanjuti DPC dan DPD,” imbuhnya.
Menyoal bagaimana jika aspirasi tersebut tidak diindahkan? Soumokil mengatakan, proses pencalonan sampai dengan penetapan calon melalui tahapan mekanisme. “DPC punya tugas untuk menjaring banyaknya bakal calon dan setelah jaring maka bakal calon tersebut diteruskan ke DPP untuk ditetapkan,” jelasnya.

Tentu, sebagai partai yang memiliki lima kursi di legislatif dan memiliki basis fanatik tentu saja mempunyai persyaratan yakni sosok yang siap mendampingi Tuasikal Abua harus dari internal partai. “Intinya wakil bupati dari kaders PDIP tentu dari DPC maupun DPD yang siap membesarkan partai kedepan sehingga PDIP periode lima tidak menjadi penonton malainkan pelaku dalam pengambilan kebijakan maupun keputusan,” demikian Soumokil.

Kendati proses pimilihan kepala daerah(Pilkada) Kabupaten Maluku Tengah berlangsung pada Februari 2017 mendatang namun sejumlah partai politik yang memiliki kursi terbanyak di DPRD mulai melakukan konsolidasi internal untuk mengusung kadersnya maju dalam pertarungan agenda lima tahun tersebut. Karel Haurissa Ketua DPC Gerindra juga digadang-gadang bakal diusung Gerindra untuk mendampingi Tuasikal Abua, demikian halnya, PKPI yang akan mengusung Frans J Picarima. (CR12)

Most Popular

To Top