Tiga SMP Berhasil Juarai Lomba LPIR Provinsi – Ambon Ekspres
Pendidikan

Tiga SMP Berhasil Juarai Lomba LPIR Provinsi

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, selama empat hari menggelar Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) jenjangSMP tingkat Provinsi Maluku tahun 2015, yang berlangsung di ruang serbaguna kantor tersebut, kemarin.

Dari lomba ini, keluar sebagai pemenang yakni Juara I dari SMP Negeri 3 Kairatu, masing-masing Prysky Somarwane dan Reimon Tanamal, dengan judul penulisan Aplikasi Kulit Salak sebagai Daun Teh Bubuk untuk Kesehatan Tubuh, Juara II dari SMP St.Paulus Saumlaki, yakni Dini Agnes K. Tarigan dan Wyannet A. Werembinan (Kain Tenun Tanimbar Lambang Ketulusan Harga Diri dan Bernilai Ekonomi bagi Masyarakat). Sementara Juara III dari SMP Negeri 1 Masohi yakni Juwita Dewi Buamonabot dan Karessa M.M. Tomasoa, dengan judul penulisan Pengolahan Daun Fitri sebagai Sabun Mandi Cair Alami.

Para pemenang ini adalah benar-benar murni yang dinilai langsung oleh tim dewan juri dari Universitas Pattimura  (Unpatti) Ambon yang diketuai oleh Prof. Dr. Tanwey Gerson Ratumanan.

Saleh Thio selaku Kadisdikbud Provinsi Maluku mengharapkan, sesuai dengan hasil yang telah diperoleh kiranya para pemenang beserta peserta lainnya dapat mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk menuju ke tingkat Nasional. ‘’Kami tidak berharap banyak, yang terpenting adalah mereka bisa berikan yang terbaik untuk diri pribadi, kabupaten dan juga untuk Provinsi Maluku. Sehingga Maluku tidak tertinggal dari provinsi lain yang ada di Indonesia,’’ ingatnya.

Panitia Pelaksana Fentje Mandaku mengharapkan para pemenang dapat berjuang dalam penulisannya, sehingga bisa berhasil masuk ke tingkat Nasional. Para pemenang di tingkat provinsi ini tidak serta merta menuju ke tingkat nasional, karena masih mengikuti lagi pentahapan penulisan yang harus mereka buat bersama peserta lainnya yang tidak masuk dalam pemenang lomba LPIR tingkat Provinsi. (PRO1)

Most Popular

To Top