UAMBN Tingkatkan Harkat Pendidikan Agama – Ambon Ekspres
Pendidikan

UAMBN Tingkatkan Harkat Pendidikan Agama

Untuk meningkatkan harkat dan derajat mata pelajaran agama di madrasah, maka Kementerian Agama membuat Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Demikian ungkap Kepala Kantor (Kanwil) kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad.

Mata pelajaran yang disertakan dalam UAMBN, katanya, terdiri dari lima mata pelajaran agama yang merupakan ciri khas madrasah, yaitu Al-Quran Hadits, Bahasa Arab, Aqidah Akhlak, Fiqih dan sejarah Kebudayaan Islam.
“Kita perlu mengangkat harkat dan martabat mata pelajaran agama untuk di-UAMBN-kan sebagai sebuah ciri khas yang membedakan madrasah dengan sekolah umum,” terang Musaad.

Sehingga terdapat dua kali ujian nasional di madrasah, yaitu ujian nasional (UN) secara umum sebagaimana sekolah umum dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan UAMBN.
Hal tersebut dilakukan dan diinginkan madrasah memiliki lulusan yang berintelektual dan memiliki moralitas akhlakul karimah. ”Kami ingin memiliki lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual dan moralitas akhlak yang baik. Karena generasi itu yang dibutuhkan dimasa depan,” ujarnya.

Untuk itu, katanya, pelaksanaa UN dan UAMBN sangat penting dilaksanakan sebagai sebuah control kualitas lulusan madrasah. “Kalau anak mau keluar dari sebuah lembaga, maka kualitasnya perlu diuji atau mengontrol kualitas sesuai standarisasi kualitas,” katanya.

Tapi keduanya hanya bagian dari sejumlah syarat penentu kelulusan siswa, terangnya, masih ada sejumlah informasi lagi yang digunakan atau diperlukan untuk menentukan kelulusan siswa. “Jadi UN dan UAMBN merupakan salah satu indikator penting dalam proses penting kelulusan, dari sekian indikator lainnya,” pungkas

Most Popular

To Top