Ajang Bergengsi di Olimpiade Sains F-MIPA – Ambon Ekspres
Pendidikan

Ajang Bergengsi di Olimpiade Sains F-MIPA

Setiap tahun, jelang Dies Natalis, Fakultas MIPA Unpatti terus melakukan olimpiade Sains yang diikuti SMA  se-Maluku. Sampai saat ini, kegiatan olimpiade ini sudah berlangsung ditahun ketujuh dan dari tahun ke tahun pesertanya terus meningkat.

‘’Ini sebagai ajang bergengsi yang terus diikuti hamper seluruh lembaga sekolah di Maluku, bukan saja di Kota Ambon. Malah beberapakali, juara justru diraih para peserta dengan sekolah dari luar Kota Ambon. Ini juga menunjukan kualitas sekolah diluar Kota Ambon memiliki kualitas yang makin berkembang,’’ tandas Dekan F-MIPA Unpatti, Prof Dr Pieter Kakisina SPd MPd kemarin.

Diakui, pemenang olimpiade ini memang masih sebatas yang digelar F-MIPA sehingga belum bisa dikatakan telah mewakili Propinsi Maluku untuk maju ke ajang nasional. Meski demikian, kedepan pihaknya akan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku sehingga pemenangnya dapat disebut telah mewakili Propinsi Maluku dan bisa bertarung di level nasional.

‘’Sebetulnya hal ini sudah kami jajaki, tapi terjadi pergantian kepala dinas sehingga terjadi penundaan. Mudah-mudahan dengan kadis yang baru ini (M Saleh Thio), hal ini dapat dibahas lagi dengan seksama, sehingga pemenang olipiade sains merupakan pemenang dari Maluku dan mewakili  Maluku ke ajang yang lebih tinggi,’’ tandasnya.

Meski begitu dia menjelaskan kalau selama olimpiade, penilaian yang dilakukan sangat obyektif dengan tingkat penilaian yang tinggi, dan apa yang dilakukan sudah merupakan standar nasional baik soal maupun pelaksanaanya. ‘’Kami berharap kegiatan ini terus dilakukan sehingga kita mendapatkan semakin banyak siswa-siswa berprestasi di Maluku di bidang sains,’’ tuntasnya. (*)

Most Popular

To Top