Jalan Pantai Mardika Memprihatinkan – Ambon Ekspres
Amboina

Jalan Pantai Mardika Memprihatinkan

AMBON, AE.—Sejumlah warga pasar yang beraktivitas di Jalan Pantai Mardika, meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Ambon untuk segera memperbaiki kerusakan jalan di sepanjang depan Hotel Amans hingga samping Bank Mandiri Kota Ambon. Pasalnya, jalan tersebut terlihat sudah tidak layak untuk dilalui dan sering menyebabkan kecelakaan dan kemacetan.

Pantauan Ambon Ekspres, terlihat jelas kerusakan jalan di Jalan Pantai Mardika. Jika dilalui dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dari depan Hotel Amans hingga samping Bank Mandiri Ambon. Hal ini membuat warga sekitar pasar yang selalu beraktivitas menggunakan jalan tersebut mengeluhkan sikap pemerintah.

Salah satu pengojek di depan Hotel Wijaya II, Unyil (32) ketika ditemui Ambon Ekspres mengaku, kerusakan jalan ini sering menimbulkan keresahan bagi pengguna jalan maupun para pedagang yang beraktivitas di sekitar daerah tersebut. Tak hanya itu, lanjut Unyil, akibat kerusakan jalan inilah, sering menyebabkan kecelakaan antar sesama pengguna jalan.

Menurut dia, setiap hari terjadi kemacetan panjang. Bahkan harus menunggu petugas perhubungan untuk menertibkan barulah kemacetan jalan berkurang. “Jalan Pantai Mardika ini, sudah lama tidak diperbaiki. Kalau tidak salah, terakhir diperbaiki sekitar 7 hingga 8 tahun lalu. Saya ingat, waktu itu saya masih berjualan cili di sini sebelum saya mengojek,” beber Unyil, Kamis (26/3).

Dia berharap, pemerintah lewat Dinas PU Kota Ambon bisa secepatnya menyelesaikan jalan tersebut sehingga masyarakat pengguna jalan maupun yang beraktivitas setiap harinya di pasar bisa merasa nyaman. “Semoga ini menjadi perhatian pemerintah. Sebagai rakyat kecil, kita tukang ojek di sini dan pedagang juga mengharapkan yang sama agar jalan ini segera diperbaiki. Itu saja,” pintanya.

Di tempat yang sama, salah satu supir angkot jurusan IAIN, Mohammad (40) juga mengharapkan hal itu. Dia meminta pemerintah untuk segera memperbaiki jalan yang sudah tidak tertata itu. Menurutnya, kerusakan jalan ini menyebabkan terjadi kemacetan setiap hari. “Kita juga sakit hati kalau setiap hari terjadi kemacetan seperti ini. Sudah macet, baru jalan rusak sementara pemerintah belum juga memperbaiki jalan tersebut. Jadi harapan kita hanya itu. Pemerintah segera memperbaiki jalan ini,” harapnya.
Terpisah, anggota Komisi III DPRD Ambon, Riduan Hasan menilai, suatu pekerjaan berupa proyek jalan dan sebagainya tidak serta merta dianggarkan lalu dikerjakan. Tetapi butuh beberapa tahapan melalui proses tender untuk mengerjakan suatu proyek pemerintah. “Jadi ada beberapa tahapan untuk melaksanakan proyek dan di bulan Maret hingga April ini sudah mulai pengumuman tender. Nanti  diadakan tender dan dilaksanakan. Jadi dalam waktu dekat satu hingga dua bulan ini harus segera dilaksanakan,” tandasnya.
Dia mengatakan, pihaknya akan meminta PU untuk memperbaiki jalan tersebut dengan baik. Karena jika dilihat, sambung dia, dari situasi dan kondisi jalan di Hotel Amans hingga samping Bank Mandiri terlihat rusak total dan kurang mendapat perhatian pemerintah. “Ini juga soal drainasenya karena jalan tersebut selalu digenangi air dan mengakibatkan hampir setiap saat terjadi kerusakan yang menyebabkan kemacetan yang panjang. Maka perlu disiasati dengan oleh teknis perencanaan dengan baik,’’ tandas dia. (ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!