Petani Kobisonta Harus Mampu Tingkatkan Produksi Pajale – Ambon Ekspres
Amboina

Petani Kobisonta Harus Mampu Tingkatkan Produksi Pajale

AMBON, AE.—Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Maluku, optimis dalam waktu dekat, petani di Kobisonta, Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Maluku Tengah,  sudah dapat meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai (Pajale). Untuk itu, kehadiran Tim Pola Upaya Khusus (Upsus) Maluku serta keterlibatan TNI sangat didukung dalam  memberikan semangat kepada petani di Kobisonta guna meningkatkan ketahanan pangan di daerah ini.

Upsus adalah ikhtiar atau usaha bersama yang dilakukan secara khusus untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Organisasi pelaksana Upsus Pajale sesuai Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 03/2015 ada di semua tingkatan, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa. Untuk tingkat kecamatan, Tim Pelaksana Upsus diketuai oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang membidangi tanaman pangan, Sekretaris dan Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) dengan anggota Kasi di Kantor Kecamatan yang membidangi pembangunan, penyuluh pertanian, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), kades di lokasi kegiatan dan petugas terkait. Adapun pengawalan dan pendampingan di tingkat desa menjadi tugas penyuluh di Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) dan Babinsa di desa yang bersangkutan dengan dibantu mahasiswa yang ditugaskan sebagai tenaga pendamping Upsus Pajale.

“Melihat potensi lahan yang ada di Kobisonta, kami optimis panen Pajale bisa melampaui target yang ditetapkan pemerintah,”ujar Kadistan Provinsi Maluku, Diana Padang, Kamis (26/3).

Menurutnya, dalam rangka mendukung swasembada pangan,  Distan Maluku akan menggerakkan seluruh potensi yang ada dengan memberikan kesempatan bagi petani di Kobisonta maupun daerah lain di Maluku , menggarap lahan seluas-luasnya. Disadari, masalah keberhasilan pertanian, masalah swasembada bukan tugas pertanian saja. Tetapi, masalah ketahanan pangan ini menjadi tugas semua pihak. (IWU)

Most Popular

To Top