Rektor: Ciri Masyarakat Maju Itu Membaca – Ambon Ekspres
Pendidikan

Rektor: Ciri Masyarakat Maju Itu Membaca

REKTOR Universitas Pattimura, Prof. Thomas Pentury memberikan apresiasi terhadap Gerakan Membaca yang telah diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anes Baswedan atas gagasan Ambon Ekspres. Gerakan ini, katanya, harus membudaya dalam kehidupan sehari-hari di Maluku.

‘’Saya memberikan apresiasi bagi teman-teman di Ameks yang menggalakan lagi kebiasaan membaca. Saya senang sekali dengan program dan ini sangat penting. Kita jadikan ini sebagai kultur yang akan membawa daerah ini maju. Ciri dari masyarakat maju itu membaca,’’ tandas Pentury saat berbincang santai di Rumah Kopi Tradisi Yoas, pagi kemarin.

Pentury menunjuk, di negara maju seperti Jepang, Eropa, Prancis bahkan Amerika, setiap orang yang bepergian dalam kereta, semua orang tidak pernah duduk diam bermain gadget tapi hampir semuanya membaca. ‘’Saya kira itu ciri masyarakat maju dan saya kira Maluku harus menuju kesana. Saya sebagai rektor, sangat senang sekali dengan program ini,’’ katanya.

Pentury mengingatkan, saat ini yang harus disuport adalah infrastruktur dari program ini, baik buku maupun perpustakaan di sekolah-sekolah, maupun kampus-kampus harus dibehani. ‘’Kita harus pikirkan model baru bagi masyarakat umum, seperti spot-spot bagi pembaca umum. Tapi anak sekolah dan remaja harus dipikirkan pula,’’ ingatnya.

Untuk anak sekolah dan remaja, juga harus dipikirkan untuk membangun spot-spot membaca misalnya ditempatkan mereka berkumpul sebelum masuk sekolah, dan bukan di dalam sekolah. Medianya bukan harus hardcopy, tapi softcopy juga harus dikembangkan. ‘’Sudah saatnya kita pikirkan spot-spot yang bisa diakses lewat internet dan dapat digunakan oleh banyak orang. Mungkin harus ada model dan kami kira pemerintah kota harus memikirkan ini, sehingga kita bisa dibilang masyarakat modern,’’ tuntasnya. (*)

Most Popular

To Top