Tim SAR Cari Kotak Hitam Kedua Germanwings – Ambon Ekspres
Internasional

Tim SAR Cari Kotak Hitam Kedua Germanwings

PARIS, AE.—Setelah tim penyelamat dan investigasi gabungan berhasil menemukan kotak hitam Pesawat Germanwings yang berisikan rekaman suara kokpit (Cockpit Voice Rekorder/CVR), mereka berharap dapat menemukan petunjuk penting kedua. Sebuah kotak hitam yang berisi rekaman data penerbangan (Flight Data Recorder/FDR).

Hal itu disampaikan Kepala Biro Investigasi Kecelakaan Prancis, Remi Jouty. “Saat ini kami masih mencari petunjuk penting kedua, yaitu kotak hitam yang berisikan FDR. Kotak hitam itu memuat 25 jam informasi penting tentang posisi dan kondisi di setiap bagian dari pesawat,” ujar Jouty, seperti dikutip News.com.au, Kamis (26/3/2015).

Seperti diberitakan, Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve, telah mengonfirmasi bahwa tim penyelamat dan investigasi telah menemukan kotak hitam yang berisikan CVR pesawat Germanwings.

Dari hasil investigasi sementara, muncul dugaan bahwa salah seorang pilot terkunci di luar kokpit sebelum kecelakaan terjadi. Hal itu didasari dari kotak hitam yang berisikan rekaman suara kokpit.

Mengutip hasil investigasi rekaman kotak hitam, penyelidik yang tidak disebutkan namanya itu menjelaskan kepada New York Times. “Seseorang berada di luar mengetuk pintu dan tidak mendapat jawaban. Dia kemudian mengetuk lebih keras namun tetap tidak ada jawaban. Tidak pernah ada jawaban. Anda dapat mendengar dia mencoba mendobrak pintu kokpit” katanya.

Hingga kini, penyelidikan masih terus berlanjut. Tim investigasi masih tidak dapat menjelaskan mengapa pesawat Germanwings itu jatuh ke dalam Pegunungan Alpen, Prancis. (hmr)

Most Popular

To Top