Tolak Incumbent, NasDem Akui Peluang Kilikily – Ambon Ekspres
Politik

Tolak Incumbent, NasDem Akui Peluang Kilikily

AMBON,AE— Partai Nasional Demokrat atau NasDem menolak mengusung Barnabas Orno untuk kembali merebut kursi Bupati Maluku Barat Daya. Selain terkait persoalan hukum, Bupati MBD itu tidak mendukung NasDem pada pemilu legislatif. Niko Kilikily justeru disebut berpeluang merebut rekomendasi NasDem.

‘’Tentu bakal pasangan  calon Bupati dan Wakil Bupati MBD yang diusung berdasarkan survey. Kita (NasDem) tidak hitung Abas (Barnabas). Jadi Abas tidak dihitung Yang diperhitungkan ada dua balon Bupati. Niko Kilikily dan  Mos Maahury,”kata Sekretaris DPC NasDem MBD, Heri Lekipera ketika dihubungi, kemarin.

Meski begitu, Lekipera yang juga Wakil Ketua DPRD MBD itu menyebut, Kilikily sangat berpeluang diusung NasDem. ”Pak Kilikily cukup peluang. Saya sangat mendukung, kalau Abas tidak. Kami sudah klarifikasi di DPP NasDem,”terangnya.

Dia mengaku, pihaknya telah menyampaikan ke DPP NasDem kalau Abas tidak mendukung  calon legislatif baik itu caleg DPRD MBD maupun caleg DPRD Maluku.”Saya kira masyarakat MBD mengetahui kalau saat Pileg Bupati MBD menghadang langkah kader NasDem rebut kursi dewan. Bahkan, pernah Abas katakan bahwa NasDem tidak mendukung pemerintah jadi harus  dilawan,”tuturnya.

Bahkan, dia mengaku, kordinator wilayah DPP NasDem, Nono Sampono secara tegas mengatakan bahwa Abas tidak akan diusung karena terkait persoalan hukum.”Meski begitu, jika NasDem tetap mengusung Abas saya tidak dukung. Kalau partai rekomendasi calon lain seperti Kilikily atau Maahury saya siap memenangkan mereka,”tegasnya.

Mahasiswa Asal Damer, Narto Richardo Newnuny menilai, Kilikily layak menjabat Bupati MBD lima tahun kedepan. Kata dia, banyak balon Bupati MBD maju mencalonkan diri tidak memiliki kekuatan finansial seperti Kilikily.”Pak Kilikily ini kalau terpilih tidak akan korupsi. Coba bayangkan pernyataan pak Kilikily tidak akan terima gaji. Gaji sebagai Bupati katanya akan dibagi ke gereja dan masyarakat. Itu berarti pak Kilikily siap melayani dan mengabdi bagi masyarakat MBD,”sebutnya.

Tal hanya itu, dia kepincut dengan komitmen Kilikil yang hanya memimpin MBD satu periode jika terpilih.”Ini luar biasa. Ketika banyak kepala daerah ingin kembali mempertahankan kekuasaan, pak Kilikily justeru ingin hanya satu periode. Nah, kalau komitmen ini dijalankan tentu dinamika politik di MBD selalu kondusif. Tapi kalau ingin kembali pertahankan kekuasaan tentu berbagai cara digunakan untuk memepertahankan pemerintah mengakibatkan birokrasi akan dilibatkan dan dinamika politik akan meninggi,”terangnya.

Karena itu, lanjut dia, memberikan apresiasi dan mendukung penuh langkah Kilikily merebut kursi Bupati MBD dari barnabas Orno. ”Kita tentu mendukung figur yang membawa MBD ke aerah layng lebih baik. Apalagi, visi dan misi beliau sangat menyentuh persoalan di MBD,”pungkasnya.(ISL)

Most Popular

To Top