Ditlantas Polda Maluku Siap Lacak Aksi Kriminal – Ambon Ekspres
Amboina

Ditlantas Polda Maluku Siap Lacak Aksi Kriminal

AMBON, AE.—Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Maluku siap melacak aksi kriminal di Kota Ambon melalui pelayanan baru yang diberinama Traffic Management Center (TMC). TMC juga  dapat menekan angka kecelakaan lalulintas.

Informasi yang diterima Ambon Ekspres di Mapolda Maluku, pelaksanaan TMC  ini memang baru diujicobakan  di Kota Ambon. Volume kendaraan di Kota Ambon kian meningkat sehingga menimbulkan kemacetan terjadi dibeberapa ruas jalan.

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Hasanuddin Mukaddar, mengatakan, program TMC ini sangat positif dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengguna jalan.

Keuntungan lain, apabila  ada mobil yang dilengkapi dengan alat global positioning system (GPS), memudahkan pelacakan terhadap mobil tersebut. Namun, pelacakan juga dapat dibantu oleh polisi melalui TMC. Jadi, pengaduan terhadap kehilangan mobil yang dilengkapi dengan GPS dapat dilakukan di TMC Ditlantas Polda Maluku.

Contoh dibeberapa kota besar seperti Jakarta, sistem pelacakan tersebut pernah digunakan untuk membantu menemukan mobil yang hilang dicuri. Pelakunya pun langsung ditindak. Saat itu, mobil yang hilang tersebut memang sudah dilengkapi dengan GPS.

“Saat ini, layanan TMC di Ambon tengah diupayakan. Biar bisa direalisasikan dalam tahun ini. Kami sementara juga ada bangun  komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah maupun pihak terkait,”katanya.

Sejumlah ruas jalan yang bakal menjadi contoh bagi program tersebut, yakni kawasan Sultan Hasanuddin, A Y Patty, serta beberapa kawasan yang sementara ini masih dalam penjajakan.

“Sementara ini mungkin perempatan A Y Patty, AM Sangadji, Trikora, kawasan Talukabessy dan Jalan Sultan Hairun. Hal ini juga membantu kenyamanan bagi pengguna jalan dan masyarakat yang ada,”kuncinnya. (AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!