Harga Cabai di Ambon Meroket – Ambon Ekspres
Amboina

Harga Cabai di Ambon Meroket

AMBON, AE.—Sempat turun, harga cabai mulai merangkak lagi. Kenaikan harga cabai disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, gagal panen yang mengakibatkan stok berkurang. Itu terjadi lantaran tanaman cabai membusuk dan mati karena pengaruh cuaca.

Harga cabai yang ditawarkan para pedagang di sejumlah pasar tradisional Kota Ambon, mulai berkisar Rp40.000 sampai Rp50.000 per kilonya.Salah satu pedagang cabai, Nila (45) mengatakan harga cabai di Pasar Mardika naik sejak dua hari lalu.

Pasalnya stok di agen dan pedagang mulai menipis. “Harga cabai rawit saat ini Rp40.000-Rp50.000 per kilo sementara cabai keriting Rp30.000 per kilo,”katanya kepada koran ini, Jumat (27/3).

Diakui, harga cabai dari Surabaya awal bulan Maret diambil dengan harga Rp25.000 per kilo. Tapi saat ini sudah naik Rp30.000.
“Bagaimana harga jual di Ambon tidak naik, dari daerah pemasok saja sudah naik makanya, kami juga ikut menaikan harga. Kalau tidak, kami bias rugi dengan biaya angkutan dan ongkos pikul bagi para buruh,”ungkapnya.

Petugas Sistim Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Disperindag Provinsi Maluku saat dikonfirmasi Ambon Ekspres, Jumat (27/3) mengaku, berdasarkan hasil pantauan harga cabai rawit yang dijual di pasar Tradisional Kota Ambon naik tajam.
“Minggu kemarin, harga cabai berkisar Rp20.000-Rp25.000 per kilo, namun dua hari belakangan ini harga naik tajam berkisar Rp40.000- Rp50.000 per kilo,”katanya.

]Harga cabai naik disebabkan pasokan dari Namlea belum masuk. Sementara stok mulai menipis karena stok yang ada hanya dari Surabaya.“Pantauan di agen juga demikian. Mereka mengaku stok cabai sangat menipis karena pasokan cabai lokal belum masuk. Dikhawatirkan, jika stok semakin berkurang dan pasokan terlambat harga akan bergerak naik,”tuturnya. (IWU)

Most Popular

To Top