Orang Tua Harus Mainkan Peran Dongkrak Nilai UN – Ambon Ekspres
GMGM

Orang Tua Harus Mainkan Peran Dongkrak Nilai UN

Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) akan dilaksanan sebentar lagi, April mendatang. Berbagai persiapan telah dilaksanakan sekolah agar siswa dapat meraih nilai yang bagus, walau UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa.

Memperoleh hasil UN yang baik sangat penting karena UN merupakan bahan evaluasi atau supervisi terhadap perkembangan pendidikan secara nasional disetiap daerah.
Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Dr. Hasan Tuaputty, mengingatkan orang tua harus memainkan peran untuk mendongkrak prestasi akademik siswa.

“Berbagai persiapan telah dilakukan sekolah untuk siswa menghadapi UN nanti, baik berupa pemantapan mata pelajaran yang di-UN-kan dan try out. Jadi sekarang giliran orang tua yang harus memainkan perannya mendongkrak nilai UN siswa,” kata Tuaputty.

Hal tersebut sangat penting dilakukan, katanya, karena sebagian besar waktu anak berada di lingkungan keluarga dan masyarakat. Sehingga peran orang tua sangat penting untuk mengawasi jam atau waktu belajar siswa di rumah.
Apalagi menjelang UN, katanya, biasanya akan ada waktu tenang atau libur bagi peserta UN. Hendaknya waktu tenang tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh siswa. “Disinilah peran orang tua, sehingga waktu tenang itu bisa bermanfaat bagi siswa. Jangan sampai waktu tenang itu, malah digunakan untuk keluyuran percuma,” terangnya.

Tapi lanjutnya, peran orang tua tersebut jangan sampai berlebihan sehingga membuat siswa menjadi stres. “Jangan terlalu ketat lagi dalam mengawasi siswa di rumah dan malah membuat mereka menjadi stress. ini malah akan mengganggu mental siswa nantinya saat UN,” jelasnya.

Sehingga orang tua, katanya, cukup mengingatkan saja agar siswa dengan sendirinya menyadari hal tersebut dan memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin.
Memang, kedudukan UN tidak lagi seperti dulu sebagai penentu kelulusan siswa. Tapi mendapatkan nilai UN yang baik sangat penting bagi setiap siswa.

Karena kedudukan UN dalam pendidikan masih penting sebagai bahan supervisi perkembangan pendidikan di setiap wilayah-wilayah pendidikan di daerah secara nasional.
“Kita semua berkeinginan, hasil UN siswa di Maluku, baik. Untuk memperoleh itu, siswa, guru dan orang tua harus berperan aktif. jangan semuanya dilimpahkan menjadi tanggung jawab sekolah,” pungkas Tuaputty. (ADI)

Most Popular

To Top