Marasabessy Lolos ke MU – Ambon Ekspres
Ragam

Marasabessy Lolos ke MU

AMBON,AE— Pencarian talenta muda oleh klub bola asal Inggris, Manchester United (MU) akhirnya tuntas akhir pekan lalu di Provinsi Bali. Dari 41 pemain muda yang berasal dari seluruh provinsi di Tanah Air yang melakoni seleksi tersebut, manejemen MU menetapkan enam pemain yang masuk di dalam skuad Manchester United School (MUSS).

Dari enam pemain itu, terdapat satu anak Maluku, yakni Yudi Marasabessy asal Sekolah Sepak Bola (SSB) Maehanu Tulehu. Pemain kelahiran Tulehu, 2 Maret 2000 itu dinobatkan sebagai pemain terbaik saat seleksi MU di Bali yang berlangsung selama sepekan.

Prestasi ini (pemain terbaik) juga mengantarkan anak pertama pasangan Ahmad Marasabessy dan Suratin ini berkesempatan menimba ilmu sepakbola di  Old Trafford, markas Manchester United, Agustus mendatang.

Kepada Ambon Ekspres, Yudi mengatakan, dari proses seleksi yang berlangsung selama sepekan oleh manajemen MU di Bali, hanya enam orang yang terpilih, salah satunya dari Maluku. ”Lima pemain yang lain itu berasal dari Bali, NTT, Semarang, Solo dan  Padang. Saya bersyukur karena bisa menyabet pemain terbaik sehingga lolos ke Inggris,” ungkap Yudi akhir pekan kemarin di Tulehu.

Kata siswa SMA Negeri 1 Salahutu ini, seleksi untuk merebut tiket ke MU sangat ketat. ”Untuk mendapatkan pemain terbaik ada beberapa kriteria, seperti teknik bagus, taktik dan kecerdasan, stamina dan mental yang baik. Item ini harus dimiliki oleh setiap peserta dan alhamdullah, saya memenuhi kriteria itu,” ungkap pengidola Xavi Hernandes ini.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, mereka akan bertolak ke MU Agustus mendatang untuk mengikuti training camp di Manchester United Soccer School. ”Setelah seleksi, kami langsung kembali ke kampung halaman masing-masing.

Kami akan kembali berkumpul di Jakarta sebelum bertolak ke MU, Agustus nanti,” ungkapnya. ”Saya akan berikan yang terbaik untuk Maluku. Cita-cita saya hanya satu, yakni bisa berseragam garuda (timnas),” pungkasnya.

Sementara itu, Abdurahman Ohorella, Pelatih SSB Maehanu Tulehu menuturkan, kualitas anak didiknya (Yudi), sangat luar biasa. Wajar bila pemain berpostur 162 Cm itu dinobatkan sebagai pemain terbaik.” Skill, teknik hingga mental sangat baik. Jadi kalau dia terpilih sebagai pemain terbaik, saya rasa itu wajar,” kata Ohorella.

Ohorella menjelaskan, seleksi oleh MU di tiap provinsi sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Yudi pun lolos dalam seleksi itu. Selanjutnya, dia kembali mengikuti seleksi tingkat nasional yang berlangsung di Bali dan alhamdullah lolos ke MU.” Ini luar biasa dan menjadi kebanggaan bagi saya,” katanya. ”Semoga lolosnya Yudi ke MU bisa menjadi motivasi bagi pemain lain di Maluku,” pungkasnya.

Hal senada juga disampai Ahmad Marasabessy, ayah Yudi. Menurutnya, ini kesempatan terbaik untuk anaknya bisa menimba ilmu sepakbola di Inggris. ”Saya yakin Maluku masih  memiliki segudang bakat sepakbola muda besar.

Namun hari ini, anaknya lebih beruntung. Mungkin dia bisa jadi inspirasi bagi semua pemain muda di Maluku,” katanya. ”Disiplin, disiplin dan disiplin adalah kunci sukses anaknya,” imbuh Ahmad.
(ZAL)

Most Popular

To Top