GMGM Upaya Media Membangun SDM – Ambon Ekspres
Pendidikan

GMGM Upaya Media Membangun SDM

Program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang diluncurkan koran Ambon Ekspres dan didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku merupakan bagian dari upaya media untuk membangun sumberdaya manusia (SDM). Demikian ungkap salah satu komisioner KPID Provinsi Maluku, Nia Novida.

Menurut dia, selama ini, banyak media lebih memilih konten pemberitaan yang sifatnya bombastis dan mengabaikan konten edukatif. Hal tersebut diperparah dengan minimnya kesadaran masyarakat untuk meminta haknya kepada media agar diberikan konten bersifat edukatif.

Malah masyarakat, katanya, lebih memilih disuguhkan konten pemberitaan hiburan yang sifatnya tidak mendidik. “Kalau saja masyarakat sadar bahwa frekuensi yang digunakan media merupakan frekuensi publik, maka media akan patuh terhadap pemilik frekuensi yang utuh atau masyarakat,” ujar Nia.

Untuk itu, dia mendukung program GMGM yang diluncurkan Ambon Ekspres bersama Pemprov Maluku. ”Seharusnya media turut andil mmbangun SDM masyarakat lewat pemberitaan,” katanya.
Sehingga dia berharap, sosialisasi GMGM ditengah masyarakat terus digencarkan agar menimbulkan kesadaran membaca dikalangan masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa.

Bila perlu dibuat sebuah aturan yang diterapkan Pemprov Maluku yang mewajibkan semua sekolah memberlakukan jam membaca minimal 30 menit sebelum pelajaran dimulai. “Ini penting untuk diterapkan. Karena sekarang ini, siswa lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget dibanding membaca,” ungkap Nia.

Sedangkan untuk meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat menengah ke bawah, misalnya mereka yang beraktivitas di pasar, harusnya pemerintah juga menyediakan buku yang berkaitan dengan dunia usaha, ekonomi dan bisnis.

Hal tersebut dilakukan agar mereka dapat memperoleh pengetahuan tentang bagaimana cara mengembangkan usahanya. “Buku yang disediakan harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Karena masyarakat berhak untuk memperoleh pengetahuan yang sesuai kebutuhannya,” tandasnya. (ADI)

Most Popular

To Top