GMGM Harus Berkesinambungan – Ambon Ekspres
GMGM

GMGM Harus Berkesinambungan

Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) merupakan program yang diluncurkan Koran Ambon Ekspres dan Pemerintah Provinsi Maluku untuk memotivasi masyarakat untuk rajin membaca. Tentu saja gerakan tersebut sangat positif, terutama bagi bagi pelajar dan mahasiswa. “Program ini memicu masyarakat untuk rajin membaca. Itu bagus,” kata salah satu dosen Fakultas Pertanian Unpatti Ambon, Dr. John Riry.

Hanya saja, katanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar gerakan tersebut dapat berjalan dengan optimal. Misalnya, masih minimnya sejumlah fasilitas membaca atau perpustakaan di tengah masyarakat, terutama di sejumlah kabupaten/kota diluar Kota Ambon.

Sehingga gerakan tersebut, lanjutnya, terkesan menjadi baru dapat dilaksanakan dengan baik di Kota Ambon saja, karena memiliki fasilitas perpustakaan yang memadai. Padahal GMGM harus dibumikan pada seluruh wilayah Provinsi Maluku. “Gerakan ini masih terpusat di pusat kota saja (Ambon), belum dapat dimaksimalkan pada sejumlah daerah lainnya,” ujarnya.

Tapi dengan adanya launching GMGM pada Januari lalu, Riry berharap, pemerintah segera melakukan pembenahan fasilitas-fasilitas membaca masyarakat di seluruh wilayah. Selain pembenahan fasilitas membaca, akuinya, program GMGM yang baru dilaunching tersebut belum dapat dirasakan manfaatnya dalam waktu dekat. Karena untuk merubah mindset masyarakat untuk gemar membaca membuthkan waktu.

Sehingga GMGM harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan terprogram dengan baik, serta ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Misalnya mempersiapkan perpustakaan sekolah maupun perpustakaan desa dan kecamatan.

“Mungkin satu hingga dua tahun, bahkan lima tahun kedepan, hasilnya belum kelihatan. Karena program ini memang sifatnya jangka panjang, sehingga dibutuhkan perencanaan yang baik serta didukung dengan fasilitas dan infrastruktur membaca yang memadai diseluruh wilayah. Itu pun harus kerja keras untuk merubah mindset masyarakat untuk gemar membaca,” terangnya.

Yang paling penting, ungkapnya, sosialisasi GMGM harus terus ditingkatkan untuk semua lapisan masyarakat. Bukan hanya bagi masyarakat pendidikan, tapi juga masyarakat kecil, pedagan, nelayan dan sebagianya, harus mendapatkan sosialisasi gemar membaca dengan baik.

Hal tersebut sangat penting untuk memotivasi masyarakat untuk gemar membaca. “Kita harus memberitahukan, membaca memiliki manfaat yang sangat besar dibanding tidak membaca, agar orang termotivasi untuk membaca,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top