Mukti-Fachri, Deklarasi Tanpa Parpol – Ambon Ekspres
Trending

Mukti-Fachri, Deklarasi Tanpa Parpol

AMBON, AE— Mukti Keliobas-Fachri Alkatiri hampir pasti akan mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur. Keduanya sudah sepakat berpasangan. Hanya saja sampai kemarin, pasangan ini baru mendapat restu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai lain belum melirik mereka, Golkar pun belum memastikan dukungan ke Mukti sebagai Ketua DPD Partai Golkar SBT.

 

Pasangan ini sebenarnya bentukan Gubernur Maluku, Said Assagaff. Assagaff terbilang dekat dengan Mukti, dukungan pun telah diberikan kepadanya. Mantan wagub ini juga cukup dekat dengan elit PKS baik pusat maupun Maluku. Karena itu, terbentuknya pasangan ini akan menjadi lawan tangguh pasangan lainnya.

Sampai kemarin, Golkar belum berikan mandat ke Mukti. Demikian pula partai lain. Mukti terhitung telah mendaftar ke Partai Demokrat, Gerindra, bahkan PDIP. Partai-partai ini juga belum memberikan lampu hijau untuk mengusung Mukti. Gerindra bahkan dikabarkan akan mengusung kadernya menjadi bupati, karena kecewa dengan keputusan Mukti.

Demokrat justeru serius memberikan dukungan kepada Mukti. Namun apakah partai ini sepakat dengan Fachri yang dipinang MK, Demokrat belum memberikan kepastian. “Nanti kita lihat. DPP belum putuskan,” kata salah satu elit Partai Demokrat yang menolak namanya diberitakan.

Mukti dan Fachri sendiri telah mendeklarasikan diri. Meski baru PKS yang berjanji mengusung, pasangan mentasbihkan akronim MUFAKAT ini optimis akan memenangkan Pilkada SBT 2015.

Deklarasi sekaligus silaturahmi diselenggarakan di kediaman Fachri di Wara, Desa Batu Merah. Deklarasi dihadiri sejumlah tokoh dari kecamatan Pulau Gorom, Werinama, Wakate, Geser dan Kesui. Juga ratusan pemuda dan mahasiswa SBT.

Mukti dalam kesempatan itu menepis isu dirinya dan Fachri tidak bisa berpasangan. Meski belum mendapatkan partai, namun Mukti yakin, pasangan MUFAKAT akan terdaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati saat Komisi Pemilihan Umum SBT membuka pendaftaran.

“Ada isu yang disampaikan pula bahwa Mukti dan Fachri tidak akan maju karena tidak memiliki kenderaan politik (partai). Ini perlu saya sampaikan bahwa yakin dan percaya pada saat pendaftaran di KPUD nanti, Mukti dan Fachri akan ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati SBT,” ujar Mukti.

Dia juga yakin pasangan MUFAKAT akan dipilih oleh rakyat SBT untuk memimpin daerah itu lima tahun kedepan. Dari hasil survei terhadap keterpilihan masyarakat, pasangan ini berada pada peringkat pertama.

“Dan saya mau bilang saja, kita akan keluar sebagai pemenang. Hasil kajian ilmiah sudah mengatakan, bahwa dari semua calon bupati dan wakil bupati SBT, Mukti-Fachri atau MUFAKAT mempereoleh rangking pertama dari semua lembaga survei,”ungkapnya.

Dikatakan komitmen dan konsistensi menjadi kunci kemenangan pada pilkada SBT ke-3 ini. Olehnya itu, konsolidasi yang massif yang segera dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari partai politik.

Fachri menambahkan, dalam waktu beberapa hari kedepan, salah satu partai akan memberikan rekomendasinya kepada pasangan MUFAKAT.”Insha Allah, dalam satu dua hari kedepan ini, ada partai yang sudah bisa memberikan rekomendasi kepada kita,”ucapnya.

Dikatakan, dirinya dan Mukti telah membangun komitmen yang matang dan mengakar untuk maju pada Pilkada SBT setelah melewati kajian serta renungan soal SBT kedepan.

“Kami akan bekerja sama dengan harmoni untuk membangun SBT lebih baik lagi. Karena itu, kami telah bersepakat maju dalam Pilkada SBT 2015,” tandas anggota DPRD Maluku Dapil SBT dua periode ini. (TAB)

Most Popular

To Top