SMA Kartika XIII-I Dukung Program GMGM – Ambon Ekspres
GMGM

SMA Kartika XIII-I Dukung Program GMGM

SMA Kartika XIII-I mendukung program Gerakan Maluku Gemar Maluku (GMGM) yang dicanangkan Menteri Pendidikan RI Anies Baswedan, karena GMGM merupakan suatu gerakan untuk mengajak anak-anak usia dini maupun generasi muda untuk terus memacu diri dalam mengembangkan minat baca. Apalagi membaca merupakan hal positif yang perlu dikembangkan.

Kepala Sekolah SMA Kartika XIII-I, P J Saija mengatakan hal itu, usai mengikuti sosialisasi GMGM oleh Tim GMGM Ameks di aula SMA Kartika, kemarin. Sosialisasi GMGM berlangsung seru diikuti ratusan siswa dan para guru.

Menurut Saija, membaca membuat semua orang mengenal dunia, karena zaman sekarang ini banyak anak-anak yang malas membaca, akibat meningkatnya perkembangan ilmu dan teknologi sehingga, alat-alat canggih seperti handphone dan komputer dijadikan sebagai alat yang dapat membantu siswa.

‘’Namun banyak anak-anak tidak menyadari bahwa melalui membaca kita dapat mengetahui apa yang ada di alam lingkungan sekitar,’’ tandasnya.
Karena itu, katanya, apa yang dipersembahkan Ameks bersama Pemda Maluku lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terhadap sekolah-sekolah di Maluku dapat membantu anak-anak dalam membaca maupun menulis, karena ada berbegai lomba yang diberikan untuk mendorong minat dan bakat siswa.

‘’Tanpa membaca pasti ada anak-anak yang tidak dapat menulis, karena membaca dapat memberikan kita referensi untuk menulis, baik penulisan cerita maupun buku. GMGM dapat memberikan motivasi buat anak-anak dan guru-guru untuk menulis. Makanya hal ini penting bagi anak-anak, karena kebanyakan anak-anak di Maluku dapat berbicara tapi, tidak dapat  menulis yang baik,’’ tandasnya.

Direktur Ambon Ekspres Nasri Dumula mengakui, maksud kedatangan tim GMGM pada SMA Kartika XIII-I Ambon untuk melakukan sosialisasi program GMGM kepada siswa agar, siswa dapat berpartisipasi dalam lomba menulis artikel dan lomba menulis cerita rakyat Maluku yang dilaksanakan Ambon Ekspres terhadap siswa, guru, mahasiwa dan masyarakat umum.

“Kita buka kesempatan ini kepada semua masyarakat untuk dapat menulis sebanyak-banyaknya, karena hasil penulisan ini akan dinilai oleh tim yuri dan akan diberikan hadiah menarik,” ujarnya saat roadshow.
Menurut dia, lomba penulisan ini telah berakhir sejak tanggal 31 Maret namun, diperpanjang sampai 15 April nanti, agar menambah daya tarik siswa untuk menulis tentang artikel maupun cerita rakyat Maluku.

“Kita ingin mengajak semua anak-anak sekolah maupun guru untuk menulis, karena menulis dapat memberikan dampak positif bahkan, kontribusi terhadap kelangsungan pendidikan di Maluku,” katanya.
Dia berharap, para siswa dan guru di SMA Kartika XIII-I dapat berpartisipasi untuk melakukan penulisan, karena hal ini dapat menambah minat siswa.

‘’Karena dengan membaca kita dapat melakukan sebuah penulisan. Tanpa membaca kita tidak dapat menulis, makanya kita harus rajin-rajin membaca buku agar penulisan dapat dilakukan secara baik,” tandasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top