ASDP Masih Layani Penjualan Tiket Nontunai – Ambon Ekspres
Amboina

ASDP Masih Layani Penjualan Tiket Nontunai

AMBON, AE.—Penerapan elektronik tiket (e-Tiketing) yang dilakukan di lokasi penyebrangan Galala-Poka yang akan berlaku per tanggal 9 April 2015 mendatang, oleh PT. Angkutan Sungai Darat dan Penyebrangan (ASDP) Wilayah Maluku. ASDP tidak sendiri tapi bersama dengan Bank Indonesia (BI) Porvinsi Maluku, sejumlah pihak diantaranya BRI, Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon serta Telkom Maluku. Upaya ini  dilakukan untuk mendukung program pemerintah bertransaksi nontunai. Meskipun demikian, ASDP juga masih tetap melayani transaksi penjualan tiket secara tunai.

“Dalam artian, masyarakat yang ingin membayar tiket penyebrangan Galala-Poka secara nontunai dengan menggunakan uang elektronik (Kartu Brizzy dari BRI) sudah bisa dilayani di loket penjualan tiket. Namun, menyadari masyarakat di daerah ini belum seluruhnya memiliki uang elektronik, maka ASDP tetap masih melayani transaksi tiket secara tunai (seperti biasanya),”jelas Manager Usaha PT. ASDP Wilayah Maluku, Syamsudin Tanassy, kepada Ambon Ekspres di ruang kerjanya, kemarin.

Dijelaskan, tarif untuk penggunaan elektornik tiket pun sama dengan tarif biasanya, dimana untuk jalur penyebrangan lintasan Galala-Poka, harga tiket untuk penumpang Dewasa Rp 3.000, anak-anak Rp 2.000. Khusus untuk pelajar dan mahaiswa tidak mengalami kenaikan. Sedangkan untuk kendaraan roda dua golongan II  Rp 7.000 dan untuk kendaraan golongan IV Rp 29.000.

Untuk golongan V (bus, mobil barang (truk/tangki) ukuran 7 meter Rp34.500 dan untuk golongan VI  mobil bus (truk/tangki) ukuran 10 meter Rp47.500.

“Khusus untuk tarif lintasan Galala-Poka ini ditetapkan sesuai dengan SK Walikota Ambon Nomor.685 Tahun 2014 dan Surat Edran Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor Se.02/KP.804/DRJD/2014 tentang pemberlakukan peraturan menteri perhubungan Nomor 31 Tahun 2014,”paparnya.

Menurutnya, alasan diberlakukan e-Tiketing pertama kalinya di lintasan Galala-Poka, karena lintasan ini merupakan lintasan dalam kota dimana aksesnya jika berkembang baik,  bisa juga diberlakukan di lintasan lain selain Galala-Poka.

“Seperti yang diketahui, kesadaran masyarakat akan manfaat e-tiketing masih sangat kurang. Oleh sebab itu, ASDP belum menerapkan secara keseluruhan di berbagai lintasan. Namun, ASDP tetap mendukung program-program pemerintah untuk menerapkan perkembangan teknologi yang ada saat ini,”tuturnya. (IWU)

Most Popular

To Top