GMGM Cikal Bakal Mencerdaskan Kehidupan Bangsa – Ambon Ekspres
GMGM

GMGM Cikal Bakal Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) merupakan konten pemberitaan yang full pendidikan. Sedangkan implementasinya, GMGM memotivasi masyarakat untuk gemar membaca.
Untuk itu, Kepala Hukmas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Hi. Muhammad Yamin berpendapat, GMGM akan menjadi cikal bakal mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama masyarakat Maluku.

“GMGM akan menjadi ikon upaya pencerdasan masyarakat di Maluku. Karena ini merupakan program pertama di Maluku, bahkan belum ada di daerah lainnya,” kata Yamin.
Sehingga, lanjutnya, GMGM harus didukung oleh seluruh komponen masyarakat, tidak hanya terbatas kalangan siswa dan mahasiswa saja. “Program ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat agar mau membaca. Membaca bukan hanya kebutuhan pelajar dan mahasiswa saja, tapi kebutuhan semua orang orang,” terangnya.

Selain itu, katanya, GMGM harus dibumikan secara berkelanjutan. Karena untuk membentuk budaya baru, membaca, dikalangan masyarakat tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Membaca menurutnya, sangat penting bagi setiap orang. Karena membaca akan menambah pengetahuan seseorang yang berguna bagi kehidupannya. “Bertolak dari konsep ajaran Islam, ajakan membaca sudah dicanangkan sejak awal. Karena wahyu pertama, Rasulullah Muhammad diajak untuk membaca, membaca, membaca, dengan tujuan dapat mengetahui apa yang belum diketahui,” pungkas Yamin. (ADI)

Most Popular

To Top