Hari ini Sosialisasi GMGM di Kanwil Kemenag Maluku – Ambon Ekspres
Pendidikan

Hari ini Sosialisasi GMGM di Kanwil Kemenag Maluku

Kaisupy: Dihadiri Semua Satker Dibidang Pendidikan

Tim sosialisasi Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) Koran Ambon Ekspres menggelar sosialisasi di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, hari ini Kamis (2/4). Tim sosialisasi tersebut akan dipimpin langsung Direktur Utama Ambon Ekspres, Machfud Waliulu.
Hal tersebut disampaikan Kepala Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, M. Zain Firdaus Kaisupy. “Besok (hari ini), aka nada sosialisasi GMGM,” katanya.

Sebelumnya, Waliulu sendiri telah dua kali memimpin sosialisasi GMGM, yaitu di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku dan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku. Selain itu, GMGM gencar disosialisasikan pada sejumlah sekolah di Kota Ambon. Lanjut Kaisupy, sosialisasi GMGM di lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku sangat penting, mengingat sebagian besar Satuan Kerja (Satker) Kemenag merupakan lembaga pendidikan, madrasah negeri maupun swasta, pondok pesantren dan sebagainya.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi guru dan siswa di lingkup Kanwil Kemenag Maluku terhadap pembangunan pendidikan di Maluku, khususnya pembangunan pendidikan di madrasah, melalui ide, inovasi dan kreativitasnya, dalam bentuk tulisan.
“Sosialisasi ini sangat penting, mengingat banyak satker kita merupakan lembaga pendidikan. Jadi yang hadiri adalah seluruh satker, diantaranya, kepala madrasah se-Maluku, Kepala Kantor Kemenag dan Kasubag TU se-Maluku, seluruh pejabat eselon III dan IV dilingkup Kanwil Kemenag Maluku dan Kantor Kemenag Kota Ambon,” ujarnya.

Selain menggelar sosialisasi GMGM, pada kesempatan yang sama, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku juga akan menggelar rapat koordinasi penguatan PPID dan zona integritas di lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.
“Jadi selain sosialisasi kami juga akan menggelar rapat koordinasi penguatan PPID dan zona integritas pada seluruh satker. Jadi dilaksanakan sekaligus,” ujarnya.

Menyangkut rapat koordinasi penguatan PPID dan zona integritas, kata Kaisupy, dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Menteri Agama RI di Jakarta, kalau masih banyak Kanwil Kemenag di Indonesia yang belum mengimplementasikan PPID.

“Hasil monitoring Kemenag Pusat, masih banyak provinsi yang belum memiliki PPID. Memang ada juga yang sudah memiliki PPID, tapi belum berjalan secara maksimal,” terangnya.
Selain itu, lanjutnya, pada kesempatran yang sama kementrian juga mengeluarkan kebijakan agar setiap Kanwil Kemenag memiliki dua Kantor Kemenag sebagai kantor integritas, baik terkait Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Usai pertemuan di Kemenag Pusat tersebut, katanya, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku ingin mengimplemntasikan kedua hal tersebut, sehingga dilakukan rapat koordinasi penguatan PPID dan zona integritas.
Diakuinya, untuk pelaksanaan zona integritas WBK dan WBBM di lingkup Kanwil kemenag Maluku, telah ditetapkan Kantor Kemenag Kota Ambon dan Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tengah sebagai pilot project.

“Kami bermaksud melakukan rapat koordinasi agar semua satker yang ada mempersiapkan diri untuk mengarah pada WBK dan WBBM ini. Karena pasti semuanya akan mengarah kesana, walau sementara baru ada dua Kantor Kemenag yang ditunjuk sebagai pilot project,” paparnya.

Tujuan dari penguatan PPID dan Zona integritas tersebut untuk meningkatkan kualitas layanan di lingkup Kanwil Kemenag Maluku. “Ini kan tujuan dilakukannya reformasi birokrasi agar tercipta pelayanan public yang baik di Kemenag, adanya keterbukaan informasi, bebas korupsi, adanya disiplin PNS dan sebagainya,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!