Pelabuhan Petikemas Akan Dipindahkan Ke Passo – Ambon Ekspres
Amboina

Pelabuhan Petikemas Akan Dipindahkan Ke Passo

AMBON, AE.—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dibawah kepemimpinan Assagaff, berkeinginan akan memindahkan pelabuhan petikemas dari pelabuhan Yos Sudarso ke eks pabrik kayu lapis Batu Gong Passo.

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff, disela-sela pelaksanaan Musrembang tingkat Provinsi Maluku tahun 2015 diatas KM Tidar menuju Kota Tual, kemarin, menuturkan pemindahan tersebut sudah mendapat persetujuan dari Menteri Perhubungan RI Ignatius Jonan. Karena pelabuhan petikemas yang selama ini berada di pelabuhan Yos Sudarso akan dipindahkan ke Batu Gong Passo.

Terkait dengan pemindahan tersebut, untuk tahun 2015 ini segala proses pembangunan pelabuhan petikemas di Yos Sudarso dihentikan. Menurutnya, pemindahan pelabuhan petikemas dari pelabuhan Yos Sudarso ke Batu Gong Passo didasari beberapa pertimbangan, satu diantaranya yakni kapasitas pelabuhan Yos Sudarso sudah sangat berat, sehingga sudah saatnya pemindahan dilakukan. Disamping lokasi pelabuhan petikemas dipindahkan ke Batu Gong Passo, sudah dilengkapi dermaga dengan luas areal pelabuhan mencapai 50 hektar.

Menanggapi pemindahan pelabuhan petikemas dari Yos Sudarso ke Batu Gong Passo, Wakil Walikota Ambon M.A.S Latuconsina, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendukung sepenuhnya pemindahan tersebut, apalagi dengan pemindahan pelabuhan petikemas dari Yos Sudarso ke Batu Gong Passo tentunya akan berdampak pada rencana tata ruang dan pengembangan pasar tradisional yang dilakukan Pemkot dengan Pelindo. Namun, hal itu akan menjadi bahan evaluasi dari Pemkot Ambon. ”Jadi, untuk  proses pemindahan pelabuhan petikemas dari Yos Sudarso ke Batu Gong Passo ini, direncanakan akan dimulai pada tahun 2016 mendatang,” tandas Latuconsina. (PRO1/SYN)

Most Popular

To Top