Residu Pestisida Pada Sayur dan Buah Dapat Kurangi Kualitas Sperma – Ambon Ekspres
Kesehatan

Residu Pestisida Pada Sayur dan Buah Dapat Kurangi Kualitas Sperma

Orang yang sering mengonsumsi sayur dan buah belum tentu ia lebih sehat karena bisa jadi makanan tersebut banyak mengandung sisa-sisa pestisida. Terlebih pada pria hal ini bisa menyebabkan kualitas spermanya turun.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard University, sekitar setengah dari 155 pria yang mengunjungi klinik kesuburan di Amerika Serikat diketahui mengonsumsi buah dan sayuran dengan tingkat residu pestisida yang tinggi. Apel, strawberry, bayam, cabai, dan pir adalah contoh-contoh produk tersebut dan celakanya sering dikonsumsi.

Studi yang telah dipublikasi di jurnal Human reproduction ini menemukan pada pria dengan tingkat konsumsi rata-rata 1,5 porsi produk residu pestisida tinggi spermanya bisa berkurang hampir setengah. Sperma normal yang ada juga hanya sekitar dua pertiga dari rata-rata pria umumnya.

“Tapi ini bukan berarti kesuburannya berkurang. Kami akan terus melanjutkan pekerjaan untuk mencari tahu seberapa jauh efek pada kualitas air mani ini akan berdampak pada kesuburan,” ujar peneliti senior Jorge Chavarro seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (1/4/2015).

Temuan efek residu pestisida pada sperma ini tetap ada bahkan setelah peneliti mempertimbangkan faktor lain seperti berat badan dan kebiasaan merokok.

Chavarro mengatakan pestisida yang diteliti tidak menunjuk hanya satu jenis pestisida tertentu. Oleh karena itu untuk menghindarinya Chavarro menyarankan lebih baik mengonsumsi makanan organik atau menghindari sayur serta buah yang memiliki tingkat residu pestisida tinggi.

“Akan tetapi jika kita bisa mengetahui lebih baik campuran spesifik pestisida mana yang bisa menyebabkan hal ini, kita bisa lebih maju,” tutup Chavarro.(fds/vta)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!