Uskup : Paskah Moment Perubahan – Ambon Ekspres
Trending

Uskup : Paskah Moment Perubahan

AMBON, AE.—Paskah merupakan hari raya keagamaan yang agung bagi umat Kristiani. Perayaan ini dilaksanakan untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah penyaliban. Maknanya ialah, umat Kristiani harus hidup dalam perubahan yang penuh kasih. Perayaan Paskah akan jatuh pada, Minggu (5/4).

Uskup Diosis Amboina, Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, mengatakan, setiap tahun seluruh umat Kristen merayakan Paskah. ‘’Persoalannya ialah, apa arti Paskah dalam kehidupan Kristiani ? Apakah hanya sekadar perayaan, ataukah perayaan ini dapat membawa perubahan dalam kehidupan?,’’ ungkap Uskup Mandagi kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan, yang harus disikapi dari Paskah ialah perubahan. ‘’Karena Yesus menderita dan rela disalibkan demi menebus dosa-dosa umat-Nya. Hal ini terjadi karena Yesus sangat mengasihi dan mencintai umat-Nya. Sehingga, Dia rela menderita demi cinta dan mengorbankan hidupnya demi kita semua,“ jelasnya.

Kisah pengorbanan Yesus ini, kata Mandagi, harus bisa diimplimentasikan umat Kristiani di seluruh dunia, termasuk di Maluku. ‘’Umat Kristiani harus seperti itu. Rela berkorban, rela menderita demi cinta untuk menegakkan kebenaran dan keadilan sehingga penderitaan yang dialami Yesus, tidak menjadi sia-sia. Bukan malah sebaliknya,’’ tandas dia.

Pimpinan umat Katolik di Maluku ini menambahkan, banyak umat Kristiani yang demi ego maupun kepuasan diri pribadi melakukan hal-hal yang tidak diinginkan Tuhan. Seperti mengorbankan orang karena egoisme dan menghancurkan orang karena cinta diri. “Banyak pejabat-pejabat yang melakukan koruptor. begitu juga dengan para penegak hukum yang melaksanakan tugasnya masih diluar harapan. Ini semua karena demi kepentingan diri sehingga mengorbankan orang lain,“ jelasnya.

Olehnya itu, Uskup Mandagi mengimbau agar lewat perayaan Paskah ini, umat Kristiani dapat bertobat dari hal-hal yang tidak benar. Sehingga, dapat membawa perubahan dalam kehidupan manusia. ‘’Memang dalam hidup selalu dipenuhi dengan permasalahan. Namun solusi yang paling baik dalam menghadapi semua masalah adalah dengan kasih. Karena lewat kasih, akan membawa kita kepada kemenangan. Bila ada masalah, boleh melakukan demo. Tapi jangan dengan kekerasan,“ imbaunya.

Dirinya berharap, lewat moment Paskah ini, dapat membawa perubahan bagi hidup umat Kristen. Dengan begitu, kehidupan yang harmonis dan penuh cinta dan kasih dapat terjalin antara sesama umat kristen, maupun dengan saudara-saudara umat beragama yang lain.
(AFI)

Most Popular

To Top