BLUD Tidak Mencari Profit – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

BLUD Tidak Mencari Profit

LANGGUR, AE.—Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karel Sadsuitubun Langgur dalam waktu dekat akan berubah status manajemen menjadi Badan Layanan Usaha Daerah atau disebut BLUD. Kehadiran BLUD sendiri akan mempermudah manajemen rumah sakit milik pemerintah daerah ini mengatur rumah tangganya sendiri  tetapi tidak mencari profit.

“Perlu dipahami dengan adanya BLUD, rumah sakit berbentuk semi bisnis artinya melakukan fungsi sosial tetapi tidak mencari untung atau non profit,” tandas Kepala Bagian Tata usaha RSUD Sadsuitubun Langgur, Antonius Raharusun kepada Ambon Ekspres belum lama ini.

Dijelaskan, dalam manajemen BLUD rumah sakit dikelola secara semi bisnis. Misalnya saja, kata dia,  RSUD dapat saja melakukan pinjaman ke bank untuk investasi pembangunan infrastruktur pendukung. “Misalnya ketika ada investasi pembangunan ruangan VIP RSUD Sadsuitubun Langgur, standar pelayanan harus ditingkatkan tinggi, dan melalui BLUD ketika ada anggaran BPJS langsung dapat digunakan tanpa harus melalui mekanisme yang panjang,” paparnya.

Mantan kepala sub bagian perlengkapan dan rumah tangga sekretariat daerah Kabupaten Malra ini mengharapkan dengan adanya BLUD semakin menambah perhatian pemerintah terhadap kondisi RSUD Sadsuitubun melalui pembangunan infratsruktur, pengadaan sarana prasarana kesehatan dan sejumlah perhatian lain.

“Saat ini bantuan pemerintah terhadap RSUD sudah semakin besar sehingga peralatan kesehatan sudah mulai ditambah dan saya berharap profesionalisme petugas kesehatan RSUD semakin ditingkatkan,” harapnya. (SAT)

Most Popular

To Top