Kecamatan Fena Fafan Masih Kekurangan Tenaga Guru – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Kecamatan Fena Fafan Masih Kekurangan Tenaga Guru

Kecamatan Fena Fafan merupakan salah satu kecamatan yang baru dimekarkan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan dua tahun lalu. Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat menjadi problem di daerah itu.

Bukan hanya itu, terhadap ketersediaan tenaga guru juga masih menjadi problem yang sampai saat ini belum terpecahkan. “Kecamatan ini juga masih kekurangan tenaga guru. Banyak guru yang ada di kabupaten  Buru Selatan masih terkonsentrasi di kecamatan-kecematan tertentu, serta pusat kabupaten hal ini mengakibatkan kecamatan Fena Fafan masih kekurangan tenaga guru.

Kondisi ini disuarakan Fredy Saleky, salah satu elemen pemuda  di desa Waekatin. Desa ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Fena Fafan yang belum memiliki ketersediaan sarana belajar mengajar.
Olehnya itu, perhatian Pemerintah Kabupaten Buru Selatan sangat diharapkan untuk melihat persoalan keterbatasan atau kekurangan tenaga guru disana.

“Saya kira masalah kekurangan tenaga guru di kecamatan Fena Fafan  termasuk di desa Waekatin  harus segera disikapi oleh Pemkab Bursel,” pinta Saleky kepada koran ini kemarin.

Kata dia, persoalan tenaga guru di Kecamatan Fena Fafan harus diresponS oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buru Selatan. Apalagi beberapa tahun teakhir ini, Pemkab Bursel melakukan seleksi penerimaan pegawai negeri sipil baik itu melalui jalur umum maupun jalur tenaga honorer.

“Kalau bisa seluruh anak daerah yang dinyatakan telah lulus CPNS terutama untuk tenaga guru, harusnya diarahkan ke kecamatan Fena Fafan. Sehingga dengan pengalaman atau pengetahuan  dan disiplin ilmu yang dimiliki mereka bisa membangun dunia pendidikan  di daerahnya.”

“Saya minta supaya tenaga guru yang dinyatakan lulus seleksi, mereka semuanya di arahkan ke sana, sehingga mereka  bisa membangun dunia pendidikan di kecamatan Fena Fafan,” harapnya.

Terkait dengan itu, Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Buru Selatan Muhamad Laitupa mengaku, penempatan pegawai terutama mereka yang lulus seleksi CPNS lewat jalur  K2 akan dikembalikan ke kepada para CPNS.  “Jadi kita akan tempatkan mereka sesuai dengan tempat mereka honor.

Kalau honor di sekolah yang ada di Kecamatan Fena Fafan, atau di kecamatan kepala Madan, otomatis  SK mereka akan di kembalikan ke sana, dan ini dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) bukan lagi diatur oleh BKD,” pungkasnya.

Olehnya itu, ia berharap kepada semua pegawai agar ketika mendapatkan SK penempatan, mereka harus mengikutinya. “Saya berharap para pegawai terutama mereka yang lulus seleksi lewat jalur honor bisa memakluminya,” harap Laitupa. (ESI)

Most Popular

To Top