Kembalikan Senyum Anak Negeri – Ambon Ekspres
Pendidikan

Kembalikan Senyum Anak Negeri

Salah satu problem pendidikan di Maluku adalah masalah kemiskinan. Masalah pendidikan anak atau siswa sering terjebak pada masalah ekonomi keluarga. Hal tersebut rentang menimbulkan masalah sosiali, anak putus sekolah, pekerja anak dibawah umur dan sebagainya.

Kalau pun ada anak keluarga miskin yang dapat bersekolah, banyak yang tidak dinikmati pada masa tersebut. Mereka terjebak pada rutinitas membantu orang tua bekerja mencari nafkah atau mengerjakan pekerjaan rumah karena orang tua sibuk bekerja.

Sehingga kadang, tuntutan anak harus belajar di rumah tidak dapat dilakukan karena rutinitas tersebut dilakukan sebelum atau setelah pulang sekolah. Atau bahkan seharian mereka bermain diluar jam sekolah karena tidak adaya perhatian orang tua yang sibuk.

Melihat kondisi ril pendidikan tersebut, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Maluku melaunching program pendidikan PKPU Maluku 2015 yang digelar di aula Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Batumerah, Ambon, Sabtu (4/4).
Program pendidikan tersebut berkaitan dengan pemberian beasiswa terhadap sejumlah siswa tidak mampu di Kota Ambon, baik untuk siswa SD, SMP, SMA maupun mahasiswa.

“Disini kami punya beberapa paket beasiswa. Khusus untuk anak yatim namanya kafalah yatim, untuk siswa SDM, SMP dan SMA, paketnya kami beri nama beastar, dan untuk mahasiswa kami beri nama beastudi,” ungkap Kepala Cabang LKN PKPU Maluku, M. Ikbal Hulihulis.

Pemberian beasiswa tersebut bertujuan, kata Ikbal, untuk memberikan kesempatan kepada anak atau siswa yang kurang mampu untuk dapat bersekolah dengan layak.

Artinya, anak tidak lagi terjebak dengan rutinitas orang tua bekerja atau bahkan putus sekolah karena masalah ekonomi. “Kami tidak hanya memberikan beasiswa, kami juga akan melakukan pendampingan bagi anak-anak penerima beasiswa itu. Ada berbagai kegiatan telah kami siapkan dalam bentuk modul. Sehingga kami tidak hanya membiayai mereka, tapi kami juga memberikan perhatian,” ujarnya.

Intinya, kata Ikbal, PKPU ingin mengembalikan senyum anak negeri, khususnya saat bersekolah. “Kami ingin mereka bersekolah layaknya anak-anak. Kami ingin mereka belajar dan diperhatikan layaknya anak-anak,” terangnya.

Pada peluncuran program tersebut PKPU membagikan 50 paket beastar bagi 50 siswa yang tersebar pada sepulu sekolah mitra di Kota Ambon. Tapi, kata Ikbal, PKPU menargetkan 500 anak.
“Sementara ini, kami baru berikan bagi 50 anak yang terdaftar. Tapi tahun ini kami targetkan 500 anak. Untuk kafalah yatim sebanyak 100 anak, beastar 300 anak, dan beastudi 100 anak. Jadi masih ada sekitar 450 paket lagi,” ujarnya.

Kedepan, katanya, program beasiswatersebut akan ditambah lagi dengan biaya hidup. “Target kami kedepan, bukan sekedar membantu biaya pendidikan anak, tapi kami juga akan membantu biaya hidup anak,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top