Lesa, Warisan Tradisi Budaya Maluku – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Lesa, Warisan Tradisi Budaya Maluku

MUSEUM Siwalima satu-satunya tempat teraman untuk menyelamatkan warisan budaya Maluku dari kepunahan. Berbagai macam warisan leluhur yang berasal dari Kepulauan Maluku terutama pulau-pulau besar seperti Pulau Seram, Pulau Buru, Kepulauan Aru, Tanimbar. Dan pulau-pulau lainnya ini menghasilkan beragam suku dan tradisi budaya Maluku.

Salah satunya adalah Lesa atau meja makan tradisional yang dibuat dari anyaman rotan atau serat daun.
“Setiap koleksi pasti ada pesan yang tertinggal, dan bukan menjadi benda mati yang hanya dilihat tanpa memahami betul makna tradisi budaya Maluku yang ada pada zaman dulu.”ungkap Kepala Museum Siwalima Maluku, Jean Saiya. Ada pun pepatah yang berhubungan dengan lesa, “kalau dapat meja putih, jangan lupa lesa”, artinya, meskipun sudah hidup modern, jangan lupa pada tradisi dari nenek moyang (tradisi budaya lokal di zaman dulu)

Lesa ini, lanjutnya, merupakan salah satu warisan dari nenek moyang orang Maluku, untuk bagaimana mencerminkan peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Apalagi di zaman yang serba modern seperti ini, perilaku anak kebanyakkan mengikuti tradisi negara luar serta mengikuti budaya luar.

“Pada saat makan di lesa yang sederhana inilah,  sering orang tua menceritakan pengorbanan mereka memperoleh sesuap makanan yang mereka cicip dari lesa serta terus mengingatkan kepada anak-anaknya untuk tetap memperhatankan budyaa leluhur mereka,”tuturnya.

Dia menjelaskan, dengan memperkenalkan nilai dari lesa ini bisa menjadi nilai persatuan dan pewarisan budaya-budaya yang ada di Maluku. Pihaknya juga berupaya untuk mengsosilisasikan dan memotivasi masyarakat untuk berkunjung dan mengenal sejarah, tradisi adat dan budaya Maluku.

“Dari lesa ini mengajarkan untuk bagaimana kita bisa terus mempertahankan nilai-nilai leluhur kita, tradisi-tradisi yang ada di daerah kita sendiri dari pengaruh budaya luar yang kian meluas di kalangan masyarakat,”harapnya.
(IWU)

Most Popular

To Top