Warga Tiga Desa Nantikan Peresmian – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Warga Tiga Desa Nantikan Peresmian

MASOHI,AE—Warga tiga negeri masing-masing Olong, Opin dan Masiulang Kecamatan Seram Utara, Kabupten Maluku Tengah kini tinggal menunggu diresmikan sebagai negeri adat administratif.

Untuk itu warga berharap tiga negeri tersebut segera diresmikan oleh Pemkab,  karena lewat peresmian tersebut berdampak positif dalam tata kelola pemerintahan. “Ya, tentu selaku pemuda kami berterima kasih kepada DPRD Malteng, harapan kami segera diresmikan,” ucap tokoh pemuda Seram Utara, M. Husein kepada Ambon Ekspres, Sabtu, (5/4).

Selain tiga negeri tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga menetapkan dua desa di Kecamatan Banda dalam Permendagri nomor 39 tahun 2015. “Untuk itu komisi A pekan ini akan menyurati pemerintah guna membahas persiapan-persiapan untuk peresmian desa-desa dimaksud. Segera kita rekomendasikan kepada pemerintah untuk resmikan ketiga desa di Seram Utara dan dua desa di Banda,” terang sekretaris komisi, Hasan Keiya.

Karena tidak ada alasan bagi Pemkab untuk tidak meresmikan, sebab sesuai aturan perda mulai diberlakukan setelah 30 ditetapkan. “Peresmian hanya serimoni, substansinya perda desa itu sudah berlaku pasca ditetapkan,” sambung Zeth Latukarlutu. Sementara Ketua DPRD Ibrahim Ruhunussa yang juga koordinator komisi

menandaskan, pekan ini pihaknya akan melakukan rapat bersama pemerintah terkait dengan persiapan peresmian. Dia juga mengatakan, komisi dalam waktu dekat bertandang ke Seram Utara. “Besok atau lusa kita undang pemda untuk rapat, selanjutnya komisi turun ke Seram Utara,” tandasnya.

Di Seram Utara kata Ruhunussa komisi khusus membahas tentang batas negeri. Hal itu penting sehingga kedepan tidak menimbulkan problem dalam masyarakat. “Saya jua berharap masyarakat untuk hindari kepentingan pejabat negeri, usulan baik dari masyarakat maupun dari pemda agar dibicarakan,” harap Ruhunussa.(CR12)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!