3 Asupan Ini Bisa Bantu Hindarkan Diabetes Tipe 2 – Ambon Ekspres
Kesehatan

3 Asupan Ini Bisa Bantu Hindarkan Diabetes Tipe 2

Olahraga teratur merupakan syarat utama agar terhindari dari diabetes tipe 2. Agar risiko terserang diabetes makin turun, peneliti menganjurkan untuk memakan lebih banyak telur, keju dan yogurt.
Dua penelitian yang dilakukan di Skandinavia melakukan studi terhadap penurunan risiko terserang diabetes. Studi pertama melihat manfaat konsumsi telur, sementara studi kedua meneliti soal asupan yogurt, keju dan produk susu lainnya.

Studi pertama yang dilakukan Jyrki Virtanen dari University of Eastern Finland mengatakan bahwa konsumsi 4 telur dalam seminggu menurunkan risiko terserang diabetes tipe 2 sebanyak 37 persen. Selain itu, konsumsi telur juga mengurangi kadar gula darah dan tak serta meningkatkan kadar kolesterol dalam darah seperti yang dipercayai banyak orang.

Penelitian Virtanen dilakukan kepada 2.332 pria berusia 42 hingga 60 tahun. Virtanen meneliti pola makan mereka termasuk seberapa sering makan buah dan sayuran serta frekuensi olahraga. Hanya 432 di antaranya yang akhirnya mengidap diabetes tipe 2 dalam kurun waktu 20 tahun.

“Belum ada penelitian soal manfaat telur secara menyeluruh. Telur dituding sebagai makanan yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, padahal penelitian kami tidak menemukan hal tersebut,” tuturnya, dikutip dari Daily Mail, Senin (6/4/2015).

Studi kedua dilakukan oleh Dr Ulrika Ericson dari Lund University, Swedia. Dr Ericson melihat bagaimana pengaruh lemak jenuh dari produk susu terhadap risiko terserang diabetes tipe 2.

Dalam penelitiannya, Dr Ericson melihat pengaruh konsumsi yogurt dan keju pada 27.000 partisipan berusia 45 hinga 74 tahun. Dalam waktu 20 tahun, 2.860 di antaranya mengidap diabetes tipe 2. Mereka yang terserang diabetes ternyata berasal dari kelompok yang jarang memakan keju dan yofurt.

“Mereka yang sering memakan produk susu, baik itu keju maupun yogurt, memiliki 23 persen risiko terserang diabetes lebih rendah. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa lemak jenuh tidak langsung membuat seseorang mengidap diabetes, malah menurunkan risikonya,” ungkapnya.
Kedua penelitian ini dipublikasikan di he American Journal of Clinical Nutrition. (rsm/vta)

Most Popular

To Top