Empat Petinju Maluku Siap Tempur di Piala Presiden – Ambon Ekspres
Olahraga

Empat Petinju Maluku Siap Tempur di Piala Presiden

Titaley : Lawan Berat Indonesia berasal dari Jepang dan Rusia

AMBON, AE.—Pelatih tinju Indonesia, Agus Titaley mengatakan, tim Indonesia siap menurunkan 16 petinju di Piala Presiden XXII/2015.Kejuaraan ini akan dilangsungkan di Palembang pada 19-25 April mendatang.

Dari 16 petinju yang ada, PP (Pengurus Pusat) Pertina (Persatuan Tinju Amatir Indonesia)  memanggil empat  petinju Maluku untuk bergabung dengan tim tinju Indonesia untuk menjalani sentralisasi. Tuan rumah akan menurunkan tiga tim untuk bertanding di 12 kelas yang dipertandingkan.

Diperkirakan sebanyak 200 petinju amatir dari 26 negara  seperti  Asia, Eropa, dan Amerika akan ambil bagian.’’ Level tinju Indonesia meningkat dalam dua tahun belakangan. Meski di SEA Games XXVII/2013 dan Asian Games XVII/2014 gagal mendapat emas, namun kemampuan bertarung anak-anak Indonesia meningkat,’’ ungkap Titaley saat menghubungi Ambon Ekspres langsung dari Istora Senayan Jakarta, kemarin.

Sebagai pelatih kepala tim c tinju Indonesia, kata Titaley, dirinya yakin dan percaya bahwa ke-16 petinju tersebut bisa memberikan yang terbaik bagi negara ini.’’ Piala Presiden menjadi ajang pemanasan SEA Games XXVIII Singapura tahun ini.Olehnya itu, anak asuhnya sangat bersemangat jelang event dimaksud,’’ beber dia.

Titaley merincikan, ke-16 petinju yang memperkuat tim 3 masing-masing Mario Kali (NTT/49kg), Steven Kastanya (Maluku/kelas 52 kg), Ari Agustin (Kalbar/kelas 56kg), Resky Alfons (Jabar/kelas 60), Muhammad Sada (Sulsel/kelas 64kg), Lodwyk Batlajeri (Maluku/69kg), Towar Sompotan (Sulut/kelas 75kg) dan Marfin Batuwael dari Jabar di kelas 75kg.

Sementara untuk putri,  yakni Erni Rumbire (Papua/kelas 57kg), Ianita Sanadi (Papua Barat/ kelas 60kg),  Eljel Lims (Sumut/kelas 48kg), Suzen Simangongson (Sumut/51kg), Ester Kalayukin (Maluku/ kelas 45 kg), Magdalena Kambayong (Sumsel/ kelas 57 kg), Yunita Kombo (Sumsel/kelas 57kg) dan Maduma Simbolon dari Maluku Utara yang turun di kelas 60 kg.

’’ Ada dua petinju asal Maluku yang telah menyeberang ke daerah lain, yakni Marfin Batuwael dan dan Reski Alfon. Tim ini akan bertolak ke Palembang 16 April mendatang,’’ terang Titaley.’’ Semua dalam kondisi siap tempur,’’ sambung dia.

Titaley menjelaskan, tim tinju Indonesia terbagi atas tiga tim, yaitu tim utama yang diperkuat petinju pelatnas  proyeksi SEA Games 2015 di Singapura.Sedangkan tim 2 dan 3 diperkuat oleh petinju non pelatnas.’’ Proses latihan sudah berlangsung dua bulan lalu,’’ jelasnya.

Menurut Titaley, negara yang sudah memberikan konfirmasi akan ikut dan mengirimkan petinjunya di antaranya Australia, Bangladesh, Bhutan, Cina Taipe, Filipina, Hongkong, India, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Malaysia. Mauritius, Mesir, Mongolia, Myanmar, Nepal, Qatar, Rusia, Singapura, Suriah, Thailand dan Sri Langka.

’’ Calon lawan yang cukup berat berasal dari Jepang, Rusia dan Thailand,’’ ungkapnya.’’ Saya harap, Kastanya dan kawan-kawan bisa membawa pulang medali,’’ imbuhnya. (ZAL)

Most Popular

To Top