Resep Kuno Berusia 1.000 Tahun Ini Ditengarai Bisa Lawan Bakteri Kebal Obat – Ambon Ekspres
Kesehatan

Resep Kuno Berusia 1.000 Tahun Ini Ditengarai Bisa Lawan Bakteri Kebal Obat

Sebuah resep obat kuno berumur 1.000 tahun dari Anglo-Saxon kini tengah menarik perhatian peneliti modern. Para peneliti sedang mencari obat baru untuk melawan bakteri kebal obat dan resep tradisional tersebut dikatakan mempunyai potensi.

Resep ditemukan dalam Bald’s Leechbook, sebuah manuskrip tua yang disimpan dalam perpustakaan Inggris. Dalam resep yang asli bawang merah, bawang putih, wine, dan empedu sapi dikatakan dapat digunakan untuk mengobati infeksi mata.

Peneliti dari University of Nottingham, Inggris, akan tetapi menemukan bahwa ramuan infeksi mata kuno tersebut memiliki manfaat lebih dari itu. Mereka kagum ketika tahu bahwa ramuan memiliki kemampuan untuk membunuh hampir 90 persen bakteri methicillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA) yang kebal obat.

MRSA dikenal sebagai bakteri yang menyebabkan infeksi kulit berbahaya karena sulit diobati banyak antibiotik. Bakteri bisa membahayakan nyawa ketika infeksi sudah menyebar ke dalam darah dan menyebabkan pneumonia.
Dalam laboratorium para peneliti menguji efek tiap bahan ramuan terhadap koloni MRSA. Mereka menemukan bahwa kemampuan untuk membunuh MRSA tidak datang spesifik dari salah satu bahan ramuan melainkan karena ramuannya itu sendiri.

“Kami sangat terkejut ketika melihat seberapa efektif kombinasi dari bahan-bahan ini,” ujar Dr Freya Horison, salah satu peneliti dari University of Nottingham seperti dikutip dari BBC pada Senin (6/4/2015).

Peneliti mengatakan bahwa banyak manuskrip dari abad pertengahan memiliki resep yang tampaknya ditujukan untuk melawan infeksi. Hal ini bisa menjadi petunjuk bahwa orang-orang sejak dulu sudah melakukan studi bahkan sebelum bakteri ditemukan.

Temuan ini rencananya akan dipresentasikan pada konferensi tahunan Society for General Microbiology, di Birmingham.(fds/vit)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!