Sentuhan Etnik Tradisional di Batik Khas Maluku – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Sentuhan Etnik Tradisional di Batik Khas Maluku

SELAIN kaya akan rempah-rempah, Maluku juga memiliki kebudayaan berupa kain batik, yaitu Batik Maluku. Batik Maluku memiliki ciri khas yaitu bermotif pala, cengkih, parang, dan salawaku (senjata khas Maluku) serta jenis alat musik Tifa Totobuang. Warnanya juga cukup beragam.Ada yang terang, kalem, biru laut, bahkan gelap dengan  bahan katun dan sutra.

Tak hanya warga Maluku, namun juga warga luar daerah juga minat terhadap batik ini. Batik Maluku merupakan persembahan warga Maluku untuk menghadirkan ragam motif khusus yang digali dari adat budaya lama negeri-negeri di tanah Maluku.

“Batik ini dirancang dengan memadukan etnik tradisional dan teknik desain modern. Batik Maluku ini memang didesain oleh masyarakat Maluku sendiri. Namun, di Maluku masih kekurangan bahan baku, sehingga para pengrajin hanya mendesain setelah itu diproduksi di luar Kota Ambon,”ungkap, Nico Risakota, Koordinator Business Centre kepada koran ini, kemarin.

Risakota mengatakan, batik khas Maluku sampai saat ini peminatnya makin meningkat. Selain itu, dari pemerintah bersama dengan para pengrajin batik ini selalu melakukan upaya agar batik khas Maluku bisa dikenal dan diterima oleh semua masyarakat.

“Upaya yang dilakukan, seperti mengadakan pembinaan kepada para guru dan para pelajar untuk mengsosialisasikan bahkan memberikan pelajaran terkait teknik-teknik pembuatan batik dan motf-motif yang dipakai,”katanya.

Markus Nifu, salah satu karyawan Business Centre menambahkan, selain batik yang menggunakan motif-motif khas dari Maluku, ada beberapa kerajinan tangan yang dibuat dengan mengunakan motif yang menunjukkan budaya khas Maluku.     Seperti jam dinding yang dibuat dengan menambahkan motif tifa, parang salawaku. Dan harga dari para pengrajin masih relatif murah.

Untuk pakaian batik khas Maluku harganya mulai dari Rp200.000 sama dengan jam dinding. Kalau yang mahal adalah Batik Beta, yaitu batik yang dibuat dengan kain sutra. Harganya mencapai Rp1 juta sampai Rp2 juta. (IWU)

Most Popular

To Top