Tanjung Sial Masuk Hak Usul Inisiatif – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Tanjung Sial Masuk Hak Usul Inisiatif

MASOHI, AE.—Ketua DPRD Maluku Tengah, Ibrahim Ruhunussa mengatakan, agenda pemekaran Kecamatan Tanjung Sial akan dibahas dalam paripurna masa sidang I tahun 2015. Pembahasan tersebut setelah agenda jaring aspirasi masyarakat(Jaring Asmara). “Itu agenda nanti akan kita bahas dalam paripurna media,April 2015,” kata Ruhunussa kepada Ambon Ekspres, di Masohi, Senin,(6/4).

Untuk syarat dimaksud lanjutnya diawali dengan pemekaran dusun-dusun menjadi desa selanjutnya dimasukan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) hak usul inisiatif sebagai kecamatan. “Masuk dalam Ranperda hak usul inisiatif,” cetusnya.

Diterangkan, pemekaran dus- un menjadi desa telah mendapat persetujuan dari empat negeri induk yang ada Jazirah Leihitu. Diakuinya, semenanjung Tanjung Sial memang layak untuk dimekarkan guna menjawab kebutuhan aksesibilitas masyarakat disana. “Sudah ada persetujuan dari empat negeri yang punya petuanan demi menjawab kebutuhan warga, ” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra itu menyebutkan, usulan untuk pemekaran tersebut juga datang dari Consorsium Jazirah Leihitu tentu dengan berbagai pertimbangan yang utamanya adalah akses. “Nah, selain itu juga Tanjung Sial masuk dalam pasal pengecualian yakni pasal 8 PP nomor 19,” terang Ruhunussa.

Olehnya, DPRD sebutnya akan menyampaikan hal tersebut resmi nantinya dalam paripurna ke-I medio April tahun 2015 mendatang setelah agenda jaring aspirasi masyarakat(Jaring Asmara). “Akan disampaikan dalam paripurna masa sidang pertama April ini,” demikian Ruhunussa.

Sementara, La Idris warga Tanjung Sial via telepon seluler mengungkapkan apresisi bagi DPRD Malteng. “Kami apresiasi tinggi bagi ketua dan anggota DPRD untuk memekarkan Tanjung Sial jadi Kecamatan, dengan pemekaran ini tentu bisa membuka akses bagi warga,” ucapnya terpisah. (CR12)

Most Popular

To Top