Tantangan Untuk APPM Agar Bergairah Hadapi MEA – Ambon Ekspres
Amboina

Tantangan Untuk APPM Agar Bergairah Hadapi MEA

AMBON, AE.—Asosiasi Petani  dan Pedagang Sayur Maluku (APPM)  diminta bergairah, agar mampu menghadapi  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.Setidaknya, upaya promosi harus diutamakan. Alasannya, karena perkembangan perdagangan dan lingkungan yang semakin terbuka menjadikan masyarakat memiliki banyak pilihan, termasuk pilihan produk dari luar negeri.

Menurut Anggota DPRD Kota Ambon, Taha Abubakar, potensi sumber daya alam di daerah ini, termasuk produk pertanian, memiliki banyak keunggulan, tapi kurang disosialisasikan kepada masyarakat. Oleh karena itu, dirinya berharap ada kerja sama semua pihak  untuk memfasilitasi promosi yang lebih mendukung, baik berupa kegiatan maupun sarana penunjang.“MEA merupakan tantangan sekaligus peluang,” ujar Taha, Senin (6/4).

APPM ini sudah resmi dibentuk dan dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, pada Desember 2014 lalu.  Pembentukan APPM  merupakan gagasan dari   Sahuburua. Semuanya berangkat dari pemicu inflasi di Maluku yang seringkali disebabkan oleh dua komoditi, yaitu ikan segar dan sayuran.

Sebelumnya, Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Wuryanto, berharap agar Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di daerah ini, mampu menjaga ketersediaan pasokan hasil pertanian. Paling penting, tim dapat melakukan koordinasi antara satu dengan yang lain.
“Koordinasi penting untuk menjaga kelancaran distribusi pangan. Disamping itu, untuk menjaga ekspektasi publik terhadap pergerakan harga, perlu dijalin komunikasi dengan media,”tekannya. (ISL)

Most Popular

To Top