Gerakan Moral Bagi Masyarakat Maluku – Ambon Ekspres
GMGM

Gerakan Moral Bagi Masyarakat Maluku

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Hadi Sulaiman, mengatakan Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) merupakan sebuah gerakan moral, sekaligus inspirasi bagi seluruh masyarakat Maluku, terutama kalangan birokrasi pendidikan, agar kembali melakukan revolusi mental.

‘’Mari kita jadikan instrumen pendidikan yakni buku-buku dan koran sebagai referensi untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, yang berdampak terhadap prilaku maupun sikap mental kita. Karena Maluku membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, guna mewujudkan Maluku yang maju, religius dan mandiri,’’ tandas Hadi.

Pria yang sejak awal berproses dalam menggodok kerjasama Ameks-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku ini menegaskan, dengan hadirnya gerakan ini kita tentunya mampu memiliki komitmen bersama, untuk membangun Maluku yang bersih dan cara pandang berfikir orang Maluku harus maju kedepan dalam hal membaca baik itu buku-buku yang bernuansa akademik maupun non akademik.

Selain itu juga, bagi satuan pendidikan yakni guru dan siswa harus memiliki spirit yang kuat untuk membaca, karena dengan membaca dan melalui gerakan ini pasti akan terjadi pergeseran menuju masyarakat Maluku yang bermartabat dan cerdas.

“Saya kira, membaca tidak hanya sekedar apa yang dibaca, tapi visi dari apa yang kita baca, karena dengan membaca tentunya berfikir kita akan berubah dan cara pandang yang baru akan muncul baik itu dilingkungan sekolah maupun masyarakat,” ucapnya.

Dengan begitu, hadirnya GMGM ini sebagai starting point bagi perubahan masyarakat Maluku yang cerdas dan sangat beriringan langsung dengan Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku untuk menuju masyarakat Maluku yang berkualitas. Apalagi, budaya membaca dapat menghasilkan pengetahuan yang berkualitas.

“Saya rasa, kultur berdiskusi dan berdialog membaca, menulis, dan bertutur, ini harus menjadi kompetensi masyarakat Maluku untuk keluar dari ketertinggalan berfikir, bertindak dan berprestasi,” tandasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top