GMGM Pintu Masuk Budaya Membaca – Ambon Ekspres
GMGM

GMGM Pintu Masuk Budaya Membaca

Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) merupakan suatu gerakan yang luar biasa bagi masyarakat Maluku. ‘’ Gerakan ini merupakan suatu pintu masuk untuk membudayakan gemar membaca dikalangan masyarakat Maluku,’’ tandas Tim Asistensi Unpatti yang juga Dosen Fakultas Kejuruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpatti Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, kepada koran ini kemarin.

Menurutnya, selama ini masyarakat Maluku hanya menguasai tradisi lisan, tapi tidak bisa mengkomunikasikannya dalam menulis. Padahal kalau menulis itu gampang untuk dibaca. Sehingga kebiasaan menyukai membaca itu sesuatu hal yang sulit dan jarang menjadi kebiasaan.

Oleh sebab itu, dengan hadirnya GMGM yang digagas Harian Ameks dengan menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, maka akan merasuki semua masyarakat Maluku untuk mengejar ketertinggalan kita selama ini dari daerah lainnya yang ada di Indonesia.

‘’Apalagi, dengan membaca tetunya akan membuka wawasan pengetahuan kita. Saya kira, kalau orang gemar membaca tentunya akan gemar menulis dan hadirnya gerakan ini memberikan pintu pengetahuan baru untuk dimasuki masyarakat kita di Maluku,” ungkapnya.

Karena itu, Leiwakabessy yang juga Ketua Tim Yuri Lomba Penulisan GMGM ini mengharapkan, masyarakat Maluku bisa bangkit dan harus mengasah diri dengan gemar membaca. ‘’Gerakan ini luar biasa dan patut didukung oleh seluruh masyarakat didaerah ini,’’ tuntasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top