Harapkan Semua Sekolah di Leksula Terakreditasi – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Harapkan Semua Sekolah di Leksula Terakreditasi

Sejauh ini sekolah-sekolah di daerah masih jauh dari standarisasi nasional. Kebanyakan sekolah belum terakreditasi. Kalau ada yang sudah terakreditasi itu pun  pada level terendah.

Kondisi inipun terjadi di Kabupaten Buru Selatan. Khusus sekolah-sekolah di luar Kota Namrole, sebagian besar belum terakreditasi, seperti di Kecamatan Leksula. Walau begitu, tidak membuat surut perjuangan pihak Unit Pelaksana  Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan  Leksula.  Mereka terus berusaha keras untuk semua sekolah di kecamatan tertua di Bursel itu terakreditasi, walaupun hanya akreditasi C.

Sebelumnya Ketua UPTD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kecamatan Leksula Y. Lesnussa mengaku, sejauh ini sudah lebih dari sepuluh sekolah yang telah  terakreditasi.
Ia mengaku, tiap tahun pihaknya terus mengusulkan sekolah-sekolah yang sudah memenuhi syarat akreditasi, seperti kesiapan sarana dan prasarana, jumlah siswa, dan sumber daya manusia atau tenaga pendidik dan kependidikan.

Ia mengaku tahun 2014 lalu ada sepuluh sekolah yang diusulkan untuk mendapatkan akreditasi. “Kita bukan hanya usul begitu saja, namun harus didasarkan terhadap berbagai persyaratan. Salah satunya kemajuan yang dimiliki oleh sekolah atau lembaga pendidikan tersebut,” ungkapnya belum lama ini.

Setiap sekolah-sekolah yang diusulkan untuk terakreditasi, lanjut dia, sudah dinilai layak untuk mengikuti program akreditasi sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

“Saya berharap sekolah-sekolah yang diusulkan untuk akreditasi  dapat diakomodir oleh lembaga akreditasi, sehingga sekolah-sekolah tersebut kedepan  bisa memperoleh tambahan dana untuk kegiatan belajar mengajar atau operasional pendidikan di masing-masing sekolah,” ujarnya.

Untuk Kecamatan Leksula saat ini ada 47 sekolah yang terdiri dari Sekolah Menengah Atas (SMA) 5 sekolah, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 9 sekolah, dan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 33 sekolah. Dari jumlah itu sebagian besar belum terakreditasi dan ada sementara dalam proses pengusulan.  (ESI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!