Jaksa Banding, PH Praperadilan Jaksa – Ambon Ekspres
Trending

Jaksa Banding, PH Praperadilan Jaksa

AMBON,AE— Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, akhirnya menempuh langkah hukum banding, terkait vonis putusan majelis hakim Pengadilan Perikanan yang mengadili perkara MV Hai Fa. Tidak tinggal diam, tim Penasehat hukum MV Hai Fa juga melakukan serangan dengan jalan Praperadilan.

“JPU telah berkoordinasi untuk nantinya akan menempuh langkah hukum banding, terkait dengan permasalahan MV Hai Fa,” ungkap Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Bobby Palapia, kepada Koran ini, kemarin. Sayangnya, ketika dikonfirmasi alasan jaksa melakukan banding, belum bisa diungkapkan oleh Palapia.

Untuk diketahui, tuntutan JPU terhadap nahkoda MV Hai Fa, Zhu Nian Lee, agar dijatuhi denda Rp 200 juta, karena terbukti mengangkut ikan hiu jenis martil. Ikan hiu jenis tersebut, merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia bahkan dunia. Berdasarkan tuntutan tersebut, majelis hakim PP, menjatuhkan vonis yang sama dengan tuntutan jaksa.

Sementara itu, penasehat hukum Hai Fa, Hamdani Laturua, mengajukan gugatan Praperadilan terhadap jaksa ke Pengadilan Perikanan Selasa kemarin. Menurut Laturua dalam gugatan praperadilan yang dilayangkan pihaknya terkait dengan barang bukti yang disita oleh jaksa. Barang bukti ini berupa muatan ikan yang berdasarkan putusan Pengadilan Perikanan selain ikan Hiu, harus dikembalikan kepada pemiliknya.

Adanya gugatan praperadilan, diakui, Humas Pengadilan Negeri Ambon, Ahmad Bukhori ini. Dikatakan, pihak panitera telah menerima materi gugatan dari pihak penasehat hukum MV Hai Fa. Dalam waktu dekat, Pengadilan Perikanan akan menggelar sidang gugatan praperadilan tersebut.“Berkas gugatannya praperadilan telah kita terima. mungkin dalam waktu dekat, hakim akan menggelar sidang tersebut, “ tandas Bukhori.
(AFI)

Most Popular

To Top