Kota Ambon Membutuhkan Investor – Ambon Ekspres
Amboina

Kota Ambon Membutuhkan Investor

AMBON, AE.—Selain gencar mengundang investor asing untuk menanamkan modal guna menggairahkan kegiatan ekonomi Ibu Kota Provinsi Maluku ini,Pemerintah Kota (pemkot) Ambon juga giat melakukan pelbagai langkah promosi.Promosi dititikberatkan pada semua potensi investasi seperti perikanan.

“Kota Ambon sangat membutuhkan investor.Kehadiran investor asing diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama banyaknya tenaga kerja yang terserap,”ujar Kepala Bagian Promosi dan Ekonomi Kota Ambon,Steven Patty  di Balai Kota Ambon,Senin (6/4).

Diakui Patty, disektor perikanan, Kota Ambon memiliki keunggulan,karena luas wilayah lautnya sangat mendukung. Keunggulan ini akan diikuti dengan pembenahan infrastruktur. Misalkan di bidang perikanan, dibenahi  dermaga dan sebagainya.

“Sebelum berinvestasi, investor akan melakukan studi kelayakan.Harapan kita, pelabuhan ikan dapat menjadi salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Ambon,”katanya.
Anggota DPRD Kota Ambon, Taha Abubakar mengatakan, pembangunan infrastruktur menjadi salah pekerjaan rumah yang mesti dilakukan oleh Pemkot Ambon. Hal tersebut untuk meningkatkan kembali daya saing, karena infrastruktur merupakan daya tarik investor untuk berinvestasi.

Harus diakui sambung Taha, Ambon saat ini gencar membangun infrastruktur fisik. Hal ini bukti bahwa ekonomi semakin menggeliat. Dengan pembangunan yang cukup menggeliat akan mampu menjadi daerah tujuan utama investor.

“Ambon cukup mendukung sebagai daerah yang bisa membawa atmosfer perekonomian di tingkat nasional, bahkan dunia nantinya,”tukas Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini. Ia harapkan, dengan kemajuan ekonomi, tingkat pengangguran juga semakin berkurang di Kota Ambon.

Secara umum,  data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku  menyebutkan, jumlah penganggur pada Agustus 2014 di Provinsi Maluku mengalami penambahan sebesar 4.361 orang, dibandingkan keadaan Agustus 2013. Dimana pada Agustus 2014, tercatat sebanyak 70.653 orang. Sedangkan pada Agustus 2013, sebanyak 66.292 orang. Dengan demikian, terjadi peningkatan jumlah penganggur sebesar 6,58 persen.

Pertambahan jumlah penganggur ini sekaligus mendorong kenaikan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dari 9,91 persen pada Agustus 2013 menjadi 10,51 persen pada Agustus 2014. (ISL)

Most Popular

To Top