Terapi HBO Sembuhkan Penyelam di Banda – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Terapi HBO Sembuhkan Penyelam di Banda

Danlantamal : Beri Manfaat Pada Kondisi Kedaruratan

AMBON, AE—Rumah sakit (Rumkit)  TNI AL Dr FX Soeharjo di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon memiliki fasilitas khusus terapi oksigen hiperbarik atau Hyperbaric Oxygen Therapy (HBO). Terapi ini adalah terapi medis dimana pasien dalam suatu ruangan menghirup oksigen murni  bertekanan tinggi (hyperbaric chamber). Saat ini, baru RS ini yang memiliki fasilitas terapi chamber di Maluku khususnya Kota Ambon yang bermanfaat untuk kebugaran, kecantikan, geriatik dan mudah lupa serta manfaat lainnya.

Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Nurhidayat, Selasa (7/3) berekesempatan mengunjungi pasien penyakit decompresi lern akibat penyelaman dan penyakit DM kalu diabetik atau diabetes yang sementara diterapi dengan metode HBO di rumah sakit itu. Dalam silaturahmi itu, Nurhidayat mengatakan, Rumkit TNI AL Halong siap melayani seluruh pasien TNI maupun non TNI yang mengalami kedaruratan penyelaman maupun penyakit kliniks lainnya.

“Jadi secara umum, dalam silaturahmi kita memberikan dukungan tidak hanya semata kepada pasien terapi saja tetapi juga kita memberikan manfaat bagi warga Maluku khususnya Kota Ambon dengan pembinaan potensi maritim yang dimiliki termasuk kesehatan penyelaman dan juga bagi pasien penyakit klinis lain yang mengalami kedaruratan,’’ ungkap Nurhidayat.

Menurut dia, terapi ini bukan hanya bagi anggota TNI, tetapi dibuka untuk umum. Dikatakan, Rumkit TNI AL Halong akan selalu memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi warga Kota Ambon. Dengan menyampingkan biaya terapi, dirinya lebih memilih agar pasien dirawat terlebih dahulu baru membahas soal administrasi.

‘’Terpenting adalah pelayanan demi keselataman pasien, karena terapi HBO terbuka bagi siapa saja khususnya yang mengalami kondisi kedaruratan. Kedepan kita akan lakukan lagi pembaruan terhadap mesin hiperbaric chamber ini. Yang jelas, kami lebih utamakan pelayanan dan soal masalah administrasi itu bisa diatur karena kita lebih mengutamakan keselataman pasien,” terangnya.

Salah satu pasien yang ikut terapi saat itu adalah General Manager Garuda Indonesia Cabang Ambon, Sonny Pongoh. Dia mengaku bersyukur terhadap pelayanan dari RS AL sendiri terhadap seluruh pasien yang diperlakukan sama tanpa memilah-milah atau memandang dari golongan. “Saya tertarik dengan terapi HBO ini karena lebih segar setelah melakukan terapi. Saya juga kagum dengan pelayanan terhadap pasien. Semua pasien diperlakukan sama dengan sopan,” puji dia.

Salah satu pasien penyelam, Azwar Annas (34) yang mengalami penyakit decompresi lern ketika melakukan penyelaman di Laut Banda dengan kedalaman 32 meter. Setelah dirawat di RS Banda, dia kemudian dibawa ke Rumkit TNI AL Halong Ambon untuk mendapat perawatan lanjut melalui terapi HBO.

“Terakhir saya menyelam pada 1 April lalu. Saya sudah 170 kali melakukan penyelaman. Namun ketika saya terkena decompresi lern, sebagian tubuh sebelah kanan saya tidak bisa bergerak. Ketika saya melakukan terapi secara bertahap, tubuh saya sudah bisa digerakkan. Bahkan ketika tiga kali terapi itu saya sudah bisa berjalan. Luar biasa sekali penyembuhannya. Saya sudah mulai berjalan seperti yang anda lihat,” terangnya kepada wartawan.

Dijelaskan, ketika mengalami kecelakaan saat penyelaman, dia nyaris tenggelam. Namun sempat ditolong dan dilarikan ke RS Banda selama dua malam untuk mendapat perawatan. “Saya tiba di Ambon untuk terapi ini tanggal 3 April. Karena pertama terjadi kecelakaan, saya harus menunggu kapal untuk transportasi laut. karena tidak bisa menggunakan pesawat dengan alasan ketinggian. Dan terbukti, setelah empat kali melakukan terapi, hari ini saya sudah siap pulang ke Jakarta dengan pesawat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Rumkit TNI AL FX Soeharjo, Letkol Laut (K) Dr Hisnindarsyah CFEM menambahkan, pasien yang mengalami kedaruratan pada menyelam maupun penyakit klinis lainnya bisa dilakukan terapi dengan menggunakan terapi HBO. Dengan dilakukan beberapa kali terapi, dirinya memastikan akan ada perubahan yang sangat besar bagi pasien. “Kalau penyakit jenis penyakit penyelaman yang dalam kondisi seperti ini, setelah terapi 3 hingga 4 kali sudah bisa berjalan. Dan untuk penyakit klinis lainnya seperti penyakit diabetes, itu setelah mendapat perawatan terapi hingga 10 kali ada perubahan yakni penyembuhan sangat besar,” tandas dia.

Menurut dia, terapi oksigen ini merupakan satu-satunya metode terapi yang paling ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena didukung oleh bukti-bukti dari hasil penelitian, serta selama proses terapi selalu dipantau dokter ahli hiperbarik.

“Proses terapi HBO tergolong sederhana karena diawali dengan konsultasi dan pemeriksaan dokter untuk menentukan ada setidaknya kontra indikasi mengikuti terapi. Dan pasien akan masuk ke dalam chamber hiperbarik ini untuk menghirup oksigen murni. Selama terapi, pasien didampingi perawat yang berpengalaman dibawah pengawasan dokter ahli hiperbarik,’’ pungkasnya.(ISL)

Most Popular

To Top